Peristiwa

2 Napi Warga Asing Jadi Korban Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang

TANGERANG,LBC –Peristiwa kebakaran yang melanda Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang hingga menelan korban 41 narapidana. Dua di antaranya diketahui sebagai Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan Portugal dan Afrika Selatan (Afsel).

Hal itu diungkapkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI Yasonna Laoly kepada awak media dalam Konferensi Pers di Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9/2021) siang.

 “Ya, ada dua warga negara asing yang meninggal asal Portugal dan Afrika Selatan. Kami sudah bekerjasama dengan Kemlu (Kementerian Luar Negeri) dan juga kedutaan besar konsuler Negara yang bersangkutan. Nanti kita tentukan, karena menyangkut warga negara lain,” tutur Laoly.

Dari seluruh korban yang meninggal akibat kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, diungkapkan Laoly, ada satu korban yang merupakan narapidana tindak pidana terorisme, satu tindak pidana pembunuhan, dan lainnya terkait pidana narkoba. Untuk itu, Laoly beserta segenap jajaran menyampaikan duka yang mendalam kepada seluruh pihak keluarga korban.

Advertisement

“Nanti kita tentukan, dimana dimakamkan, itu nanti timnya. Tim tiga, karena ini menyangkut negara lain,” jelasnya.

Tim Biddokes Polri mengevakuasi jenazah dari RSUD Kabupaten Tangerang untuk dibawa ke RS Polri Kramat Jati.

Disinggung penyebab kebakaran yang diduga akibat arus pendek, Yasonna berjanji, akan segera memeriksanya agar kejadian serupa tidak terulang. Untuk para narapidana yang selamat, ditegaskan Laoly, akan ditempatkan di tempat semestinya.

“Nanti kita tempatkan di blok lain (Lapas Kelas I Tengarang-red). Kalau nanti tidak memungkinkan, kita geser ke tempat lain. Tapi, saya sudah minta agar Dirjen untuk mengeluarkan dana darurat untuk perbaikan. Kami sudah hitung anggarannya,” tandasnya. (Eky Fajrin/zai)

Jenazah korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang di RSUD Kabupaten Tangerang sebelum dipindahkan ke RS Polri Kramat Jati.

Back to top button