Pemerintahan

20 Persen Peserta Tes CPNS di Kota Tangerang Tidak Hadir

TANGERANG, LBC– Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Tangerang Convention Center (TCC), Cimone, Kecamatan Karawaci, Kabupaten Tangerang. Berdasarkan catatan panitia, 20 persen dari 4.952 peserta tes CPNS yang lolos administrasi tidak hadir tanpa keterangan.

Informasi yang diterima lingkarbanten.com, pelaksanaan SKD akan berlangsusng hingga Jumat (24/9/2021). Senin (20/9/2021), Walikota Tangerang Arief R Wismansyah yang meninjau pelaksanaan SKD CPNS mengatakan, hari pertama SKD dibagi dua sesi dan disiapkan sebanyak 250 tempat di lokasi TCC.

“Tadi kata panitianya ada 20 persen meja yang kosong karena nggak hadir. Ya, kita belum tahu kenapa,” ungkap Arief kepada awak media usai meninjau tes SKD CPNS.

Diungkapkan Arief, hasil tes bisa langsung diketahui hari ini juga dan dipantau langsung melalui Youtube Pemkot Tangerang. Arief juga menilai, akses internet yang disediakan panitia tes SKD CPNS sudah dinilai memadai.

Advertisement

Disinggung soal formasi CPNS di lingkup Pemkot Tangerang, Arief menilai, masih belum ideal. Kendati demikian, Arief mengklaim, pelaksanaan pemerintahan masih berjalan optimal di tengah keterbatasan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Ya belum (belum ideal formasi CPNS-red), yang kita usulkan lebih banyak. Yang pensiun kan juga banyak. Makanya, kita berharap pelayanan pemerintah sementara ini bisa berjalan dengan baik dengan kondisi yang ada,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang Heryanto menambahkan, para peserta tes SKD CPNS di Kota Tangerang merupakan warga asli Tangerang. Adapun peserta di luar Kota Tangerang dapat mengikuti tempat terdekat yang menggelar tes SKD sesuai domisili peserta.

Terkait 20 persen ketidakhadiran peserta tes SKD CPNS, dipastikan Heryanto, gugur. Demikian pula dengan peserta yang tidak mengisi tes secara lengkap dianggap gugur.

“Yang lulus administrasi sebanyak 4.952 peserta, kemudian yang ikut tes 4.505 peserta dengan jumlah CPNS 122 orang, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) non guru 53 orang, dan P3K guru 3453 orang,” ungkapnya.

Salah seorang peserta tes SKD CPNS, Reza Palupi (29) mengaku, sudah mengikuti tes dengan sungguh-sungguh setelah dua kali gagal tes. Peserta yang memiliki keahlian pada bidang kesehatan ini berharap, dengan menjadi PNS kesejahteraanya meningkat.

“Saya kali ini ikut ketiga kalinya (tes CPNS-red), tahun 2018 di Padang, 2020 di Kota Tangerang dan sekarang. Motivasi saya, ya karena demi hari tua dan keluarga,” aku warga Kecamatan Karawaci ini. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button