KomunitasNewsSosial Budaya

20 Tahun Menghilang, ODGJ Asal Cilegon Ditemukan Youtuber

CILEGON, LB – Youtuber yang berfokus merawat pasien Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), yaitu Sukaryo Adi Putra bersama istrinya bernama Heni bertemu dengan ODGJ asal Keserangan, Cilegon, Banten yang kabarnya sudah menghilang selama 20 tahun.

Hal itu terungkap dalam unggahan pada kanal Youtube Sukaryo Adi Putra bernama ‘Sinau Hurip’ yang rilis pada Sabtu (28/5/2022). Video tersebut memperlihatkan sosok pria lanjut usia (lansia) berpakaian lusuh, dengan kondisi tubuh kotor dan tidak terawat.

Tampak Adi dan Heni pun mengajak ODGJ yang dikenal dengan sapaan Pak Kasan itu berbincang-bincang santai. Dari hasil perbincangan itu, diperoleh informasi bahwa alamat ODGJ tersebut, berada di wilayah Kaseranga, Cilegon.

“Desamu opo pak?,” tanya Adi kepada Pak Kasan dengan suara lantang.

Advertisement

“Keserangan,” jawab Pak Kasan merespons pertanyaan Adi.

Lantas, Adi pun langsung meminta para netizen segera menghubunginya jika mengenal sosok Pak Kasan yang informasinya sudah menghilang dari keluarganya selama 20 tahun.

“Buat temen-temen di sekitaran Serang-Pandeglang, Banten. Pokoknya di sekitar sana, yang tahu dia (merujuk ke ODGJ-red), yang kenal kabarin kita. Beliau (merujuk ke Pak Kasan-red) ada di sekitar Pasar Welahan Jepara, perbatasan Mijen Demak,” tuturnya.

Selanjutnya video berdurasi 27 menit itu memperlihatkan telatennya Adi dan Heni memberikan pelayanan kepada Pak Kasan, seperti memangkas rambut, memandikan hingga memotong kuku. (Erling Cristin/zai)

Back to top button