Gempa 5,0 SR Guncang Lebak Selatan

0
211

LINGKARBANTEN – Gempa Bumi mengguncang Kabupaten Lebak bagian selatan dengan kekuatan 5,0 SR dengan titik gempa di Laut Lebak selatan dengan kedalaman 19 Kilometer (Km), berada di 83 Km Barat Daya Lebak, Banten, Jumat (7/12/2018) sekitar pukul 06.43 wib.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Kaprawi Mengatakan, gempa dengan kedalaman 19 Kilomter tersebut dekat dengan Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak. Namun Demikian gempa tersebut, tidak berdampak tsunami dan tidak pula mengakibatkan kerusakan apapun didaratan.

“Hasil peninjauan sementara oleh relawan BPBD kecamatan setempat, tidak terjadi kerusakan apapun. Tapi memang hampir dibeberapa wilayah di Lebak merasakan adanya gempa ‎hanya beberapa detik saja,” kata Kaprawi, kepada LINGKARBANTEN.COM

Kaprawi berharap, kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

“Walaupun tidak menimbulkan tsunami dan kerusakan didarat, kami meminta warga tetap waspada dengan gempa susulan yang mungkin terjadi walaupun gempa susulan biasanya lebih kecil,” ujarnya.

Lanjut Kaprawi, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan camat setempat dan telah menyiapkan sejumlah relawan kecamatan, agar terus memantau dan tetap waspada.

“Alhamdulillah BPBD sudah mempunyai alat pendeteksi gempa, sehingga jika terjadi gempa, kita bisa mengetahuinya dengan cepat dan bisa langsung melakukan peninjauan ke lokasi atau kecematan terdekat dengan pusat gempa. Relawan BPBD langsung menuju lokasi terdekat gempa, karena dikhawatirkan terjadi kerusakan akibat gempa. Tapi Alhamdulillah, gempa ini tidak berdampak apapun didaratan,” ucapnya.

Sementara itu, Wahyudin Koordinator Relawan Tangguh BPBD Lebak mengatakan, Gempa terasa disejumlah Kecamatan yang ada di Lebak. Namun kekuatanya sedikit saja dan getarannya juga hanya beberapa detik, hasil pantauan langsung dilapangan juga tidak berdampak. Begitu juga dengan aktivitas para nelayan di Binuangen, Wanasalam yang merupakan wilayah terdekat dari titik gempa berjalan seperti biasa.

“Kami saat ini tetap siaga, untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan,” ucap Wahyu.(FAD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here