Warga Lebak Desak Tutup Galian Tanah Merah Rusak Jalan Desa

0
53

CIBADAK- Masyarakat Desa Tambakbaya, Kecamatan Cibadak mengeluhkan galian tanah di desanya yang mengakibatkan jalan antar kampung antar desa hancur akibat aktivitas armada galian tanah.

Fuji, warga Kampung pasir Kupa, Desa Tambakbaya, Kecamatan Cibadak mengatakan, jalan desa yang awalnya bagus dengan di hotmix semenjak ada galian tanah merah jalan tersebut hancur. Bahkan bila hujan, jalan tersebut nyaris tidak dapat dilintasi kendaraan warga karena membahayakan.

“Selain licin dan penuh lumpur juga bergelombang dengan lubang yang cukup dalam. Sehingga, banyak warga yang melintas kendaraanya terperosok dan terjebak,” kata fuji, Minggu (3/2).

Untuk itu lanjut Saepudin, pihaknya meminta agar dinas terkait atau petugas penegak Perda yakni Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) agar segera menutup galian tanah juga mereka harus bertanggungjawab atas kerusakan jalan yang merupakan fasilitas umum akibat usahanya tersebut.

“Tentu pengusaha galian harus bertanggungjawab, yang awalnya jalan baik menjadi baik lagi, kalau tidak kita akan melaporkannya dengan tuduhan merusak fasilitas umum demi kepentingan pribadi,” ujarnya.

Senada dikatakan, ujang warga Sekitar, keberadaan galian tanah bukan saja merusak fasilitas umum, keberadaannya ilegal alias tidak mengantongi ijin.

“Kami yakin pengusaha galian tanah tersebut tidak mengantongi ijin, sebab warga tidak mengetahui apapun,” ucapnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Lebak Dartim saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya mengaku akan segera menerjunkan petugas untuk mengecek

“Iya kita akan tindak lanjuti keluhan warga ini, apalagi galian tanah ini sudah merusak fasum dan lingkungan sekitar,”.(red/nie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here