AgamaPemerintahan

206 Calhaj Kloter Pertama Asal Kabupaten Serang Diberangkatkan

SERANG, LB– Sebanyak 206 Calon Jamaah Haji (Calhaj) kelompok terbang (kloter) pertama asal Kabupaten Serang dilepas oleh Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa di Pendopo Bupati Serang menuju Asra Haji Pondok Gede sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah, Minggu (12/6/2022).

Selain Pandji, pelepasan pemberangkatan Calhaj juga disaksikan Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang Febrianto dan Kepala Seksi (Kasi) Urusan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Serang Muhammad Amin.

Pandji mengatakan, pemberangkatan Calhaj ke Tanah Suci merupakan hal yang ditunggu-tunggu masyarakat, dimana sudah dua tahun sempat tertunda akiibat pandemi Covid-19. Pandji pun berpesan, seluruh Calhaj yang berangkat agar dapat menjaga kesehatan. Terlebih, berdasarkan informasi yang diterima Pandji, suhu di Tanah Suci saat ini sedang tinggi.

Pandji juga berharap, para Calhaj bosa fokus ibadah selama di Tanah Suci dan tidak melakukan aktivitas lain di luar ibadah.

Advertisement

“Harus melaksanakan aktivitas dengan baik supaya daya tahan tubuh terjaga,” pesan politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini.

Pandji juga mengingatkan kepada para petugas haji agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Layani jamaah dengan baik, jangan kebalik, petugas haji jadi jamaah,” sindir mantan birokrat yang pernah menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang.

Di tempat yang sama, Kabag Kesra Setda Pemkab Serang Febrianto memastikan, seluruh Calhaj uang diberangkatkan ke Tanah Suci sudah memenuhi aturan yang berlaku.

“Barang bawaan juga tidak ada yang melebihi 30 kilogram sesuai ketentuan,” tegas mantan Sekretaris Camat (Sekmat) Bojonegara ini.

Pejabat yang akrab disapa Febri itu juga memastikan, kesehatan Calhaj sudah memenuhi syarat untuk keberangkatan ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji.

“Semuanya sudah tes PCR, dipastikan tidak ada yang gagal berangkat,” tegas Mantan Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Pemerintah Kecamatan Kramatwatu ini.

Terkait itu, Kasi Urusan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Serang Muhammad Amin menambahkan, total Calhaj asal Kabupaten Serang yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini sebanyak 408 orang yang dibagi tiga kloter.

“Kloter pertama 206 orang, kloter kedua 200 orang, dan dua orang lainnya digabung dengan koleter Banten-Lampung,” ungkapnya. (dik/zai)

Back to top button