News

30.000 Bibit Kopi Robusta Akan Ditanam di Kabupaten Serang

SERANG, LBC– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Pertanian (Distan) berencana melakukan penanaman 30.000 bibit kopi robusta bantuan Kementerian Pertanian (Kementan) RI di lahan empat kecamatan Kabupaten Serang. Meliputi Kecamatan Anyer, Cinangka, Padarincang, dan Kecamatan Ciomas.

Hal itu diungkapkan Kepala Distan Kabupaten Serang Zaldi Dhuhana di ruang kerjanya, Kamis (19/8/2021). Zaldi mengatakan, populasi tanaman kopi di wilayah Kabupaten Serang masih kurang, terutama di Kecamatan Ciomas. Padahal, menurut Zaldi, kopi produksi lokal sangat enak.

Beberapa contoh kopi yang ramai diberitakan, di antaranya Kopi Mekarsari dan Kopi Cikolelet.

“Nah di Ciomas dan Cinangka ini tanaman kopinya populasinya masih sangat kurang,” ungkap Zaldi.

Advertisement

Oleh karena itu, kata Zaldi, Distan bersama Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta penambahan bibit kopi kepada Menteri Pertanian untuk ditanam di lahan empat wilayah kecamatan Kabupaten Serang, yakni Kecamatan Anyer, Cinangka, Padarincang, dan Kecamatan Ciomas.

“Kalau tidak salah ada 30.000 bibit dari kementerian, tapi itu juga masih kurang. Kita ingin kembangkan tanaman kopi,” ujarnya.

Diakui Zaldi, saat ini kopi local banyak permintaan. Bahkan pihaknya sudah berkomunikasi dengan komunitas barista yang meminta agar kopi Serang ikut di pameran.

“Tapi mereka cuma bisa ngerasain sekali, begitu repeat order barangnya enggak ada, diskontinyu produksinya. Sekarang sekali panen paling juga di bawah 100 ton, tapi begitu reapet order lagi gak ada. Di kita itu keunggulannya kopi robusta,” tandasnya. (roy/zai)

Back to top button