Kesehatan

331.975 Warga Pandeglang Belum Terdaftar BPJS Kesehatan

PANDEGLANG, LBC– Sebanyak 331.975 warga Pandeglang belum terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal itu diungkapkan Bupati Pandeglang Irna Narulita kepada awak media saat menerima kunjungan rombongan BPJS Kesehatan Cabang Serang di Pendopo Bupati Pandeglang, beberapa waktu lalu.

Irna mengatakan, sebanyak 143.000 warga menjadi tanggung jawab Pemkab Pandeglang dalam kepesertaan BPJS Kesehatan. Kata Irna, masih banyak warganya yang belum terkover BPJS Kesehatan.

“Jadi ada 331.975 penduduk yang tersebar diseluruh kecamatan dan desa di Pandeglang yang belum terdaftar program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan,”  ungkap Irna.

Pihaknya, kata Irna, sudah mengkover 143.000 warga yang menjadi tangung jawab Pemkab Pandeglang dalam kepesertaan BPJS Kesehatan.

Advertisement

“Sisanya ada yang mandiri karena ekonominya mampu, atau masyarakat yang menjadi pekerja di perusahaan swasta,” terang mantan Anggota DPR RI ini.

Irna, masyarakat mampu dapat menyukseskan program JKN untuk meningkatkan derajat kesehatan di Pandeglang. Ia meminta, perusahaan swasta di Pandeglang dapat memerhatikan jaminan kesehatan karyawannya.

“Untuk warga kurang mampu menjadi tanggung jawab kami, dan akan terus kami sasar,” tegasnya.

Diungkapkan Irna, sebetulnya kepesertaan BPJS Kesehatan masyarakat Pandeglang pernah mencapai angka 90 persen. Namun ternyata, sambung Irna, masih ada sebagian yang tidak terdata lantaran tidak sinkron dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Nanti kita duduk bareng dengan pihak BPJS Kesehatan dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait memadukan database agar semuanya terdata,” ujarnya.

Insya Allah ke depan kepesertaan BPJS di Pandeglang mencapai angka 90 persen. Karena dari total penduduk sudah ada segmentasinya, baik tanggung jawab pusat, provinsi, dan kabupaten,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang Dasrial mengatakan hal senada dengan Irna. Berdasarkan data yang dimiliki Dasrial, warga Kabupaten Pandeglang yang sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan hingga bulan Juni 2021 sebanyak 1.017.777 jiwa atau 78,5 persen, terbagi atas segmen Peserta BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN sebanyak 657.254 jiwa, PBI APBD Provinsi Banten 99.304 jiwa, dan PBI APBD Pandeglang sebanyak 46.516 jiwa.

Sedangkan pekerja penerima upah sebanyak 146.509 jiwa, pekerja bukan penerima upah (mandiri) sebanyak 58.258 jiwa, serta bukan pekerja sebanyak 9.936 jiwa.

“Hasil penyandingan data kependudukan Kabupaten Pandeglang dengan data kepesertaan JKN menunjukkan bahwa sebanyak 541.741 penduduk belum terdaftar JKN, dimana 209.766 baru sebagian anggota keluarga sudah terdaftar JKN. Sisanya 331.975 jiwa satu keluarga belum terdaftar,” ungkapnya. (M Hafidz Faturohman/zai)

Back to top button