Pemerintahan

4 Formasi CPNS di Pemkot Serang Tidak Terisi, Ini Daftarnya!

Walikota: Makanya Kalau Kuliah Ambil Jurusan Paling Langka

SERANG, LB– Sedikitnya empat formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang tidak terisi lantaran tidak ada yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan pendaftar tes CPNS di Kota Serang.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Hudan Muhtadi saat ditemui awak media di lokasi tes CPNS Kota Serang, Hotel Purikayana, Kota Serang, Senin (25/10/2021).

“Dari peserta yang mendaftar tes CPNS ada formasi tidak terisi karena tidak ada yang sesuai kualifikasi pendidikannya. Yaitu formasi Analis Rehabilitasi Masalah Sosial, Analis Kawasan Transmigrasi, Inspektur Sarana dan Prasarana Fasilitas Pelayanan Kesehatan, dan Analis Kerjasama Permodalan,” ungkap Hudan.

Hudan tidak menampik, empat formasi CPNS tersebut terbilang langka di Kota Serang. Lantaran itu, kata Hudan, saat ini tinggal 598 formasi dari 602 formasi yang diperebutkan oleh peserta tes.

Advertisement

“Pelamar semuanya 3.332 orang. Yang ikut seleksi di Kota Serang ada 2.612 orang. Sementara 700 peserta lainnya testing di luar Kota Serang,” ungkapnnya.

Menanggapi hal itu, Walikota Serang Syafrudin mendorong masyarakatnya mengambil kualifikasi pendidikan yang langka agar mempunyai peluang lebih besar saat mengikuti tes CPNS. Menurut Syafrudin, jurusan pendidikan itu tidak terisi di lingkungan Pemkot Serang karena langka.

“Jadi, harapannya ke depan masyarakat Kota Serang kalau kuliah di jurusan yang sangat langka saja yang sekarang diperlukan Pemkot Serang,” saran politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Selain itu, pihaknya juga akan mengevaluasi formasi yang tidak terisi tersebut. Pihaknya akan mencoba mengusulkan formasi yang siap dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.

“Karena jurusan itu (empat formasi-red) di Kota Serang itu sedikit sekali. Mudah-mudahan ke  depan ada peningkatan SDM,” harapnya. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button