Agama

5 Kecamatan jadi Kawasan Industri, MUI: Aqidah Jangan Merosot

PANDEGLANG, LB– Dipusatkannya lima wilayah kecamatan di Pandeglang menjadi kawasan industri dinilai akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun, menjadi tantangan dan tugas pemerintah daerah (pemda) agar bersinergi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar aqidah masyarakat tidak merosot.

Hal itu terungkap pada acara Pelantikan Ketua MUI Pandeglang masa khidmat 2021-2026 di Sekretariat MUI Pandeglang, Senin (25/10/2021). Acara dihadiri Bupati Pandeglang Irna Narulita. Pada acara itu, KH Hamdi Ma’ani terpilih sebagai Ketua MUI Pandeglang yang baru.

Dalam sambutannya, Hamdi mengatakan, program kerja yang akan digalakkan pada tahun pertama yaitu pembinaan ummat. Menurutnya, masih banyak pekerjaan rumah (PR) di lembaganya, terutama pembinaan masyarakat, baik dari segi aqidah, ahlak, dan sariah. Lantaran itu, kata Hamdi, pihaknya akan menggalakkan pembinaan melalui lembaga di kecamatan dan desa.

“Harapannya satu desa satu hafiz (hafiz Alquran-red). Semoga terwujud dan tidak ada lagi seseorang yang tidak mampu baca Alquran,” harapnya.

Advertisement

Hal lainnya menyangkut kemasalahatan ummat, kata Hamdi, yakni persiapan menyambut Pandeglang ke depan ketika menjadi kawasan industri. Pihaknya, kata Hamdi, menyambut baik lima kecamatan diPandeglang yang akan dipusatkan menjadi kawasan industry.

“Ini tantangan kami agar ekonomi meningkat tetapi aqidah tidak merosot,” ujarnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita memberikan sambutan.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, pembinaan terhadap masyarakat merupakan salah satu peran dan tugas pemda. Saat ini, diakui Irna, tugas pemda terbantu dengan hadirnya MUI di Pandeglang. Menurutnya, dengan kehadiran lembaga keagamaan itu tidak ada lagi masyarakat Pandeglang yang tidak bisa baca tulis Alquran, karena programnya yang dinilai smart.

Lantaran itu, menurut Irna, MUI menjadi lembaga yang sangat dinantikan fatwanya untuk kemaslahatan ummat, khususnya di Pandeglang.

“Program pemerintah sangat terbantu dengan hadirnya MUI, kami sangat menunggu fatwanya,” ujarnya. (M Hafidz Fathurrohman/zai)

Back to top button