Sosial Budaya

73.873 Pelaku UMKM di Pandeglang Dapat Program BPUM dari Pusat

PANDEGLANG, LB– Sebanyak 284.653 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pandeglang diusulkan mendapatkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021 untuk tiga tahap. Dari usulan itu, hanya 73.873 pelaku UMKM yang mendapat bantuan senilai Rp1,2 juta per UMKM itu.

Kepala Bidang (Kabid) Usaha Mikro pada Dinas Koperasi dan UMKM Pandeglang Sukri mengatakan, pihaknya sudah tiga kali mengajukan permohonan bantuan program BPUM untuk pelaku UMKM di Pandeglang. Sukri merinci, gelombang I mengajukan 46.724 UMKM, gelombang II sebanyak 112.857 UMKM, dan gelombang III 125.072 UMKM.

“Totalnya sudah 284.653 UMKM di 35 kecamatan yang diajukan bantuan BPUM tahun ini dari tahap satu sampai tahap ketiga, tapi hanya 73.873 UMKM yang menerima program BPUM,” ungkap Sukri saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (08/10/2021).

Untuk mekanisme penyalurannya, kata Sukri, dilakukan langsung oleh pihak kementerian melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan cara transfer. Pihaknya hanya bertindak mengusulkan atas pengajuan dari pemerintah desa dan kecamatan.

Advertisement

“Kami kasih formatnya ke mereka (desan dan kecamatan soal usulan bantuan-red), nanti mereka ke sini membawa persyaratan, seperti SKU (Surat Keterangan Usaha), KTP (Kartu Tanda Penduduk), sama KK (Kartu Keluarga),” terangnya.

Setelah semua data usulan diterima, kata Sukri, pihaknya mengirimkan data usulan tersebut kepada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten. Setelah itu, dari pihak provinsi mengkolektif kembali usulan bantuan dari delapan kabupaten kota untuk diserahkan kepada kementerian.

“Setelah data di input Kementerian, merekalah yang menyalurkan bantuan melalui BRI,” jelasnya.

Tahap selanjutnya sambung Sukri, pihaknya menunggu surat dari Kementerian).

“Saat ini kami belum mendapatkan surat dari Kemenkop untuk tahap selanjutnya. Nanti kalau sudah ada infonya langsung diinfokan ke msing-masing kecamatan,” tegasnya.

Ia berharap, program BPUM bermanfaat untuk para pelaku UMKM di Pandeglang untuk mengembangkan usahanya. Sukri meminta, pekaku UMKM yang mendapatkan bantuan jangan berkecil hati, karena program terus bergulir setiap tahunnya.

” Saat ini, Pandeglang menyandang predikat terbanyak se-Banten penerima bantuan itu. Semoga ke depan di Pandeglang semakin banyak penerimanya,” harapnya. (M Hafidz Fathurrohman/zai)

Back to top button