HeadlineSosial Budaya

9.944 Warga Kota Tangerang Dapat Bantuan Tunai, Anggaran Rp2,9 M

TANGERANG, LBC– Sebanyak 9.944 warga Kota Tangerang yang belum pernah mendapatkan bantuan sosial (bansos) akan menerima bantuan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp300 ribu. Pendistribusian bantuan bekerjasama dengan bjb di 13 Kecamatan yang menelan anggaran hingga Rp2,9 miliar.

Rabu (25/8/2021), Walikota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau langsung proses pendistribusian bansos berupa uang tunai itu di ruang kelas SMPN 7 Kota Tangerang.  Arief mengatakan, bantuan langsung tunai diberikan sebagai bentuk kepedulian Pemkot Tangerang terhadap massyarakat yang tidak pernah mendapatkan bantuan dari kementerian.

“Jumlahnya 9.944 orang yang mendapat bantuan berdasarkan hasil pendataan dan verifikasi,” ujarnya.

“Mudah-mudahan bantuan ini membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 untuk meringankan kebutuhan hidupnya,” harapnya.

Advertisement

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang Suli Rosadi menambahkan, program bantuan tunai itu penerimanya mengacu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang tidak terakomodasi bantuan lainnya.

“Nilai bantuannya hanya Rp300 ribu. Mekanisme pengambilan bansos sama dengan umumnya,

Anggaran disesuaikan dengan kemampuan pemerintah daerah. Tahun lalu hanya 2.800 orang,” ungkapnya.

Kata Suli, pihaknya melibatkan pihak perbankan dalam bentuk pengawasan proses penyaluran bantuan agar tidak terjadi penyimpangan.

“Kita melibatkan pihak bank dan tidak melibatkan unsur lain karena khawatir. Dengan bank kan kita bisa mengontrol,” terangnya.

Salah seorang penerima bantuan A Mahmudin mengaku senang dengan adanya bantuan tersebut. Pria paruh baya yang berprofesi sebagai pemulung itu mengaku, pendapatannya yang pas-pasan merasa terbantu dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari Pemkot Tangerang.

“Iya alhamdulillah bisa untuk menambah biaya hidup keseharian. Sebelumnya saya belum pernah menerima bantuan,” aku bapak empat orang anak warga Kebon Besar RT03/02, Kecamatan Batuceper ini. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button