Sosial Budaya

Aksi Jumat Berbagi Dari Komunitas Mengejar Kebaikan

Komunitas Mengejar Kebaikan mendistribusikan paket makanan, alat tulis, alat sholat, dan Al-Quran di Kampung Sukawali Kelurahan Priyai, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Jumat, (13/8/2021). Pendistribusian ini berbarengan dengan aksi satukan kebaikan bersama Ayo Jumat Berbagi.

Penyaluran bantuan tersebut ditujukan bagi yatim dan piatu, guru ngaji, ustadz dan ustadzah serta untuk masjid di daerah tersebut.

Pendistribusian yang dilakukan oleh Komunitas Mengejar Kebaikan dengan cara door to door ke rumah-rumah penerima manfaat dibantu juga oleh Kelompok 09 KKN UIN SMH Banten. Mengingat bahwa situasi pandemi yang masih belum usai, maka penyaluran dengan cara tersebut ditujukan agar tetap menjaga protokol kesehatan dan juga dibarengi pembagian masker oleh kelompok 9 KKN UIN SMH Banten.

Secara rincinya, paket makanan nasi box dan alat tulis ditujukan bagi para yatim piatu dan kaum dhuafa, sedangkan alat sholat berupa mukena dan sarung ditujukan untuk para ustadz dan ustadzah. Kemudian komunitas Mengejar Kebaikan juga mendistribusikan Al-Quran yang diserahkan di masjid dan madrasah di desa tersebut.

Advertisement

Fery Setiawan sebagai Founder Mengejar Kebaikan menyampaikan bahwa ini merupakan kali pertama program satukan kebaikan dijalankan bersama Ayo Jumat Berbagi. Hal ini menjadi awal kolaborasi dalam kebaikan dan mempererat silaturahmi.

“Mengingat bahwa desa ini merupakan desa yang jauh dari kata sejahtera, saya sangat bersyukur sekali dapat mengunjungi dan mengenal desa ini. Masyarakat yang menyambut kami dengan baik sehingga membuat saya khususnya memiliki inisiatif untuk mengembangkan potensi desa ini menjadi desa binaan untuk kedepannya. Saya juga mengajak teman-teman dari kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten melaksanakan KKN dengan objek penelitian pengabdiannya di desa ini. Pendistribusian ini juga menjadi langkah awal untuk kita mengenal dan mencari tahu lebih dalam potensi yang ada,” ujar Fery

Sementara itu salah satu kurir kebaikan yang ikut terjun M. Rafli Agustias mengatakan bahwa desa ini menjadi tepat untuk menyalurkan pendistribusian bantuan tersebut. Disamping keadaan warganya yang masih keterbelakangan, baik dalam hal sanitasi maupun pendidikan dan juga sistem barter yang masih terjadi antar barang karena keterbelakangan ekonomi.

“Saya harapkan apa yang kami berikan walaupun tidak banyak dapat menjadi sedikit kebermanfaatan. Saya juga berterima kasih kepada para donatur yang mempercayai kami untuk melakukan pendaitribusian di daerah ini. Alhamdulillah, telah selesai disalurkan dan semoga dapat menjadi amal jariyah.” Pungkas Rafli

Sedangkan pak Naim selaku RT setempat yang menerima kedatangan mereka memberikan support dan apresiasinya kepada para kurir Mengejar Kebaikan khususnya. Sungguh tak terpungkiri rasa syukur yang terucap darinya. beliau berharap semoga bantuan yang diberikan dapat menjadi amalan yang membawa manfaat dan perubahan bagi masyarakatnya. (Rilis Komunitas Mengejar Kebaikan / Editor: IN Rosyadi)

Back to top button