Milenial

Aktivis Perempuan Ramaikan Musda KNPI Kabupaten Tangerang

TANGERANG, LB– Bursa Calon Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang tidak hanya diramaikan golongan pria. Selasa (19/10/2021), salah seorang aktivis perempuan bernama Siti Nursa’adiah mendeklarasikan diri untuk maju pada perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) XV KNPI Kabupaten Tangerang di Ardes Café, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Perempuan yang akrab disapa Nok Ida itu berpengalaman memimpin Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) KNPI Kecamatan Rajeg selama dua periode. Nok Ida tiba di Musda sekira pukul 17.00 WIB. Dalam kesempatan itu, Ida meyakini, seorang perempuan juga mampu menghimpun dan merangkul para pemuda dan pemudi untuk bersatu membangun daerah.

Menurutnya, kiprah pemuda sebagai ‘Agen of Change’ (agen perubahan) sangat strategis menjawab tantangan sosial yang saat ini sedang dihadapi kaum muda, khususnya di Kabupaten Tangerang.

Ia berpendapat, pemuda harus peka dan turut andil mengatasi setiap permasalahan, seperti kenalakan remaja dan bahaya narkotika yang mengancam keberlangsungan suatu bangsa, serta kontribusinya untuk daerah sangat dinantikan.

Advertisement

Oleh karena itu, Nok Ida mengaku, kenginannya mencalonkan diri menjadi Calon Ketua KNPI Kabupaten Tangerang untuk menggali potensi kaum muda di Kabupaten Tangerang. Ida menilai, kaum muda penuh gagasan dan inovatif mewujudkan Kabupaten Tangerang lebih gemilang.

“Di deklarasi ini, saya sampaikan visi saya yaitu mewujudkan generasi muda yang mandiri, tangguh, inovatif, dan mempererat tali persaudaraan,” ungkapnya.

Sepengetahuannya, Kabupaten Tangerang terbagi beberapa zona, seperti Pemuda Pantura, Kabupaten Tangerang Tengah, dan lainnya yang harus dioptimalkan melalui program- program yang sesuai minat para pemuda.

“Seperti bidang ekonomi, maka dia akan memberdayakannya melalui UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah),” terangnya.

Ia meyakini, pemuda di Kabupaten Tangerang banyak yang potensinya terpendam.

“Kita akan gali itu (potensi pemuda-red),” tegasnya.

Ia mengakui, saat ini sudah mengantongi dukungan berupa surat rekomendasi dari sedikitnya tiga DPK dan enam Organisasi Kepemudaan (OKP) sebagai syarat minimal maju pada kontestasi demokrasi pemuda tersebut. Ia oun mengapresiasi para pemuda yang memiliki hak pilih, karena sudah antusias berbondong- bondong merekomendasikannya.

Alhamdulilah, dukungan kepada saya terus mengalir. Target saya minimal 60 suara untuk menang di Musda KNPI ini,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Tangerang, Ilham Dimas Sese mengaku, mendukung Nok Ida sepenuhnya untuk memenangkan Musda dan dapat menahkodai organisasi himpunan pemuda tersebut. Menurut Ilham, sosok Nok Ida menginspirasi perempuan agar mampu berkiprah di masyarakat.

“Nok Ida ini satu-satunya sosok perempuan yang memimpin DPK. Ini bukti bahwa perempuan bisa berperan dan bukan cuma baperan,” ujar Ilham disambut tawa tamu undangan yang hadir saat itu. (Iqbal Kurnia Musyab/zai)

Back to top button