Peristiwa

Anak Asyik Main Korek Api, Rumah di Kragilan Ludes Terbakar

SERANG, LBC – Akibat kurang pengawasan terhadap anak yang sedang asyik bermain korek api, rumah di Kampung Cikuali RT02/05, Desa Jeruk Tipis, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang ludes terbakar, Sabtu (4/9/2021) pukul 04.05 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun rumah mengalami rusak berat dan tidak bisa ditempati sehingga pemilik rumah terpaksa mengungsi.

Kondisi rumah yang terbakar berantakan. Puing-puing sisa kebakaran, terutama atap rumah berserakan di lantai. Tampak anggota kepolisian dan TNI meninjau lokasi kebakaran didampingi pemilik rumah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, pihaknya menerima laporan adanya kebakaran dari Kepala Desa Tegal Maja. Lalu, kata Nana, pihaknya menerjunkan unit Pemadam Kebakaran (Damkar) ke lokasi kejadian untuk melakukan validasi data.

Berdasarkan kronologi yang diceritakan saksi mata di lokasi kejadian, kata Nana, kebakaran diawali oleh anak pemilik rumah yang sedang bermain korek api di ruang kamar tidur. Lalu, api yang masih menyala dari korek mengenai bahan yang mudah terbakar di ruang kamar tersebut dan merambat ke barang lainnya hingga membakar seluruh bangunan rumah.

Advertisement

“Rumah mengalami rusak berat, ludes. Kejadiannya pukul 04:50 WIB. Tidak ada korban jiwa. Dugaan sementara kebakaran berasal dari korek api yang dimainkan anak pemilik rumah,” ungkap Nana dalam siaran pers yang dirilis Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD Kabupaten Serang, Sabtu (4/9/2021).

Diakui Nana, pihaknya belum menghitung kerugian yang dialami pemilik rumah yang diketahui bernama Ramin. Informasi yang diterima Nana, pemilik rumah sementara ini tinggal bersama saudaranya, karena bangunan rumah sudah tidak bisa digunakan.

“Api berhasil dipadamkan alat seadanya. Intinya, kebakaran disebabkan human error,” tegas mantan Asisten Daerah (Asda) I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang ini.

 Atas kejadian itu, pria berkumis tebal ini pun mengimbau agar orangtua dapat mengawasi anaknya, terutama melarang anak-anak bermain korek api di dalam rumah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. (zai)

Back to top button