HeadlinePemerintahan

Anggaran Penanganan Covid-19 Pemkot Serang Dikawal BPKP

SERANG, LBCBadan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) wilayah Provinsi Banten melakukan pengawalan dan pengawasan terhadap anggaran penanganan Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Serang. Hal itu sesuai arahan Presiden, selain adanya permintaan dari Pemkot Serang.

Hal itu terungkap saat BPKP melakukan kunjungan ke Pemkot Serang dan diterima langsung oleh Walikota Serang Syafrudin di Aula Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Serang, Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Serang, Kawasan Serang Baru (KSB), Kota Serang, Kamis (12/8/2021).

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, anggaran untuk penanganan Covid-19 di Kota Serang akan mendapatkan pengawalan dari BPKP Banten. Ada dua hal pengawasan yang akan dilakukan BPKP. Pertama, soal program pekerjaan pembangunan yang sudah dan belum dikerjakan, serta tentang penanganan Covid-19.

“Jadi anggaran yang di-refocusing yang sudah dilaksanakan dan yang masih tersisa. Kaitannya dengan arahan-arahan saja (pengawalan-red). Semuanya di awasi,” jelas Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Banten ini.

Advertisement

Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan Banten R Bimo Gunung Adulkadir membenarkan, pihaknya melakukan pengawalan dan pengawasan penanganan Covid-19 di daerah menindaklanjuti arahan Presiden, selain permintaan dari Pemkot Serang.

“Intinya, kami sebagai pemerintah pejabat fungsional auditor juga mempunyai kewajiban mendampingi aparat pengawasan internal pemerintah, dalam hal ini Inspektorat Kota Serang,” terangnya.

Dijelaskan Bimo, pendampingan yang diberikan kepada Inspektorat Kota Serang dilakukan BPKP agar memiliki kapabilitas yang mampu menduduki level 3.

“Agar mereka (Inspektorat-red) memiliki kapabilitas yang cukup, mampu menduduki level 3 seperti yang diharapkan di RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) atau pun RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah),” pungkasnya. (Sofi Mahalali/zai)

Back to top button