Kesehatan

Ansitipasi DBD, Puskesmas Kunciran Sisir Rumah Warga

TANGERANG, LB – Mengantisipasi kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Tangerang yang mulai mengkhawatirkan, Puskesmas Kunciran, Kota Tangerang melakukan pemeriksaan jentik nyamuk langsung ke rumah-rumah warga.

Sejumlah petugas tampak mendatangi rumah-rumah warga memeriksa perabotan dan barang bekas yang rentan berkembangnya nyamuk. Mulai dari ban bekas, drum, sampai tempat sampah.

Kepala Puskesmas Kunciran Darsono mengatakan, pihaknya terus mencegah penyebaran jentik nyamuk yang berpotensi menjadi penyebab kasus DBD di wilayahnya. Salah satunya dengan mendatangi rumah-rumah warga.

“Hasil kegiatan pemeriksaan jentik nyamuk demam berdarah dan malaria, banyak didapatkan ban bekas mobil yang dijadikan pot tanaman. Ban bekas dikelilingi air tidak mengalir. Disini kami dan kader sosialisasi 3M (Menguras,Menutup dan Mengubur) ke masyarakat sekitar,” ujar Darsono, Selasa (26/10/2021).

Advertisement

Menurut Darsono, genangan air dalam ban bekas sekilas tampak kecil, tetapi menjadi tempat ideal untuk nyamuk.

“Itu kenapa kebersihan lingkungan jadi faktor penting mencegah penyebaran penyakit akibat gigitan nyamuk,” terangnya.

Dari hasil tinjauan di lapangan, kata Darsono, pihaknya akan melakukan evaluasi dan menyiapkan langkah-langkah berikutnya. Petugas kesehatan setempat juga akan terus memantau perkembangan di lapangan, serta memastikan lokasi warga yang berpotensi menimbulkan DBD untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

“Sikap malas ini tidak hanya merugikan diri sendiri atau keluarga, tapi ada potensi membahayakan orang lain di sekitar lokasi. Ini menjadi tanggungjawab bersama,” jelasnya. (Eky Fajrin/zai).

Back to top button