Inovasi

Antisipasi Banjir, Pemkot Tangerang Normalisasi 8 Aliran Sungai

TANGERANG, LB – Mengantisipasi banjir tahunan yang biasanya datang pada penghujung tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melakukan normalisasi delapan aliran sungai, 18 turap, dan 117 saluran drainase di 13  kecamatan.

Hal itu diungkapkan Walikota Tangerang Arief R Wismansyah saat meninjau proses normalisasi Situ Cipondoh, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Jumat (22/10/2021). Arief mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan normalisasi sungai sebagai persiapan penanganan banjir yang kerap terjadi di beberapa wilayah di Kota Tangerang setiap musim penghujan. Di antaranya Kali Angke, Kali Cantiga, Kali Cirarab, Kali Sabi, Kali Cisadane, dan Kali Ledug.

Selain itu juga, sambung Arief, pihaknya membangun turap dan saluran drainase di beberapa keluarahan.

“Jadi, ada delapan sungai yang sudah kita normalisasi dan 18 turap, serta pembangunan 117 saluran drainase di 104 kelurahan 13 kecamatan,” ungkap Arief.

Advertisement

Tidak hanya itu, kata Arief, pihaknya juga sudah menyiagakan sekira 233 pompa air untuk menyedot banjir yang tersebar di wilayah rawan banjir dan genangan di Kota Tangerang.

“Semua kegiatan itu dikerjakan oleh oleh teman-teman Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) untuk mengantisipasi banjir rutin tahunan,” terangnya.

Khusus Kali Ledug, lanjut Arief, pihaknya membangun turap di satu sisi sepanjang 500 meter untuk mengantisipasi banjir tumpah ke wilayah Kecamatan Priuk, khususnya kawasan Garden City.

“Yang terpenting kita anisipasi kiriman – kiriman air dari sungai, bukan hanya akibat hujan local. Kami berharap masalah genangan dan banjir tahun ini diantisipasi dengan baik,” harapnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button