Inovasi

Aplikasi Pemkot Tangerang Diadopsi Pemkab Pandeglang

PANDEGLANG, LB– Dalam rangka upaya optimalisasi pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang mengadopsi aplikasi milik Pemkot Tangerang. Itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama pembangunan antar daerah di Pendopo Bupati Pandeglang, Rabu (10/11/2021).

Sejumlah aplikasi milik Kota Tangerang yang diadopsi di Pandeglang, di antaranya aplikasi portal e-gov, e-kinerja dan aplikasi Tangerang LIVE.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Mulyani mengatakan, kedatangannya bersama sejumlah kepala dinas dan Walikota Tangerang untuk memaparkan kemudahan aplikasi pelayanan yang diterapkan masing-masing OPD di Kota Tangerang.

Pihaknya sharing ilmu bersama Pemkab Pandeglang. Sesama OPD saling bertemu dan bertanya terkait terobosan pelayanan.

Advertisement

“Pastinya, dalam kerja sama ini Kota Tangerang berkomitmen membantu Pandeglang selama dalam semangat kemajuan yang sama,” ujar Mulyani dalam keterangan tertulis yang diterima Lingkar Banten, Kamis (11/11/2021).

Diungkapkan Mulyani, Kota Tangerang sudah mempersiapkan ahli aplikasi dan ruang khusus untuk Pemkab Pandeglang belajar, serta siap memenuhi kebutuhan lainnya untuk menunjang kerja sama.

“Kita sama-sama belajar untuk pelayanan masyarakat yang lebih maksimal lagi. Semua ilmu siap kita sharing ke Pandeglang secara gratis,” tegasnya.

Menurut Bupati Pandeglang Irna Narulita, Kota Tangerang sebagai raja aplikasi patut diambil ilmunya oleh Pemkab Pandeglang.

Alhamdulillah, Kota Tangerang juga terbuka membantu pembangunan di Pandeglang sebagai smart city,” ucap Irna.

Disebutkan Irna, ada sembilan poin dalam kerja sama dengan Pemkot Tangerang. Antara lain smart city dan penerapan e-goverment, perdagangan dan perindustrian, kebudayaan dan pariwisata.

Kemudian, perikanan pertanian dan ketahanan pangan, promosi dan pengembangan UKM, penataan ruang atau wilayah dan infrastruktur, perencanaan daerah, kebersihan dan pertamanan, serta bidang-bidang lain yang dianggap dibutuhkan oleh kedua belah pihak.

“Pokoknya, kita sedot semua ilmu Kota Tangerang. Terpenting, tujuannya untuk pemaksimalan pelayanan di Pandeglang, baik lingkup OPD (Organisasi Perangkat Daerah) atau pegawai hingga masyarakat Pandeglang,” terangnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button