Pendidikan

Baru 40 SMP di Kota Tangerang Terapkan PTM Terbatas

TANGERANG, LBC– Kota Tangerang mulai menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Namun baru 40 SMP di 13 Kecamatan yang melaksanakan PTM dengan kapasitas siswa 50 persen, sisanya masih belum mendapat rekomendasi pihak kecamatan karena masih berada di zona merah.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tangerang Eni Nurhaeni mengatakan, pihaknya sudah meninjau bebrap SMP yang sudah melaksanakan PTM. Katanya, PTM disambut antusias siswa dan berjalan dengan tertib sesuai aturan protokol kesehatan (prokes).

“Saat ini baru 40 SMP di Kota Tangerang yang melaksanakan PTM terbatas,” ungkap Eni kepada wartawan saat meninjau PTM di SMPN 1 Kota Tangerang, Senin (13/9/2021).

Adapun sekolah yang belum bisa melaksanakan PTM, dijelaskan Eni, karena masih belum mendapat rekomendasi dari pemerintah kecamatan setempat, dipicu status wilayah masih zona merah.

Advertisement

“Harapannya sekolah yang melaksanakan PTM bertambah ke depannya. Target kami, akhir Oktober ini bisa semua SMP melaksanakan PTM terbatas sesuai penilaian,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kota Tangerang Mulyono Sobar mengungkapkan, hari ini di sekolahnya baru siswa kelas IX yang PTM dan skema pembelajaran dua arah, yakni luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring).

“Hari ini sebanyak 162 siswa yang dijadwalkan masuk sekolah,” ungkapnya.

Sedangkan siswa yang di rumah, kata Mulyono, bisa mengikuti Pembalajaran Jarak Jauh (PJJ) di dua arah. Yakni, jam pertama diberikan motivasi dan jam keduanya sesuai mata pelajaran. Di sekolah juga, sambung Mulyono, disiapkan ruang isolasi untuk siswa yang mengalami gejala kesehatan. Pihaknya juga menyiagakan guru pengatur untuk memantau siswa di setiap kelas jika ada kurang sehat.

“Kalau ada siswa atau pendidikan yang diduga terpapar Covid-19, dia akan dilakukan penanganan pertama masuk ke ruang isolasi dan akan dilakukan tindakan pertama sesuai rekomendasi kesehatan,” tandasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button