NewsPolitik

Bawaslu Tangerang Edukasi Politik Mahasiswa Menuju Pemilu Berkualitas

TANGERANG, LBC– Kaum muda merupakan salah satu pemilih yang jumlahnya besar pada setiap ajang pesta demokrasi. Untuk itu, pendidikan politik penting dikenalkan sejak dini agar demokrasi di Indonesia lebih berkualitas.

Alasan itu mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang gencar melakukan sosialisasi pendidikan politik tentang kepengawasan kepemiluan kepada mahasiswa. Sasarannya, kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tangerang Raya yang berlangsung tatap muka untuk melakukan interaksi dalam penguatan kepemiluan di Kota Tangerang.

“Sangat berkepentingan kami untuk memberikan penguatan kepemiluan bagi kader-kader HMI untuk menyukseskan pemilu yang akan diselenggarakan 2024, karena ini pemilu pertama dalam satu tahun yang sama,” terang Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim pada acara sosialisasi politik bersama HMI Cabang Tangerang Raya bertajuk ‘Bawaslu Mendengar’ itu di Sekretariat HMI Cabang Tangerang Raya, Rabu (15/9/2021).

Sosialisasi yang dikemas diskusi bertemakan “Ikhtiar untuk Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 yang Berkualitas, Berintegritas, dan Bermartabat” itu, Agus juga membahas Pemilu 2019 yang digabung dan menimbulkan jumlah korban, dimana banyak penyelenggara pemilu berguguran, sedikitnya menewaskan 600 orang dengan berbagai macam sebab. Belum lagi, lanjut Agus, transparansi akurasi data.

Advertisement

“Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri, tugas pokok sendiri. Kami minta pemikiran teman-teman dapat memberikan kontribusi sebagai kewajiban kita anak bangsa untuk mengawasi pemilu,” pintanya.

Dalam konteks pencegahan dan penindakan, tambah Agus, pihaknya tidak bisa tawar menawar agar dapat memberikan demokrasi yang berkualitas.

“Kami akan hadir ke kampus, organisasi pemuda, tokoh masyarakat untuk penguatan kepemiluan,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Komisioner Bawaslu Kota Tangerang Abdul Rosyid menambahkan, kedatangannya untuk menangkap aspirasi dari kelompok, komunitas, dan sebagainya agar pemilu mendatang sukses, aman, dan damai.

Namun, kata Abdul, untuk mencapai kualitas pemilu yang baik variabel. Mulai dari penyelenggara seperti apa, masyarakat seperti apa, stakeholder, hingga pengawas.

“Kalau sudah berkualitas, selesai. Empat komponen ini harus sama,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum HMI Cabang Tangerang Raya Ahmad Izat Jajuly meminta Bawaslu Kota Tangerang memberikan respons cepat terhadap aduan-aduan masyarakat agar kualitas pemilu dari tahun ke tahun terus menunjukkan kemajuan.

“Dengan cepatnya respon, kami yakin kualitas pemilu di Indonesia, khususnya Kota Tangerang pasti maju,” katanya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button