Sosial Budaya

Baznas Pandeglang Gulirkan Rp100 Juta Untuk Program Studi Mahasiswa

PANDEGLANG, LB – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pandeglang menggulirkan program bantuan studi mahasiswa senilai Rp100 juta. Masing-masing mahasiswa mendapatkan bantuan sebesar Rp1 juta.

Wakil Ketua Baznas Pandeglang M Acang mengatakan, pihaknya rutin setiap tahun mengulirkan program bantuan untuk mahasiswa. Program bantuan mahasiswa, kata Acang, sudah memasuki tahun ketiga.

“Kita anggarkan Rp100 juta untuk program bantuan mahasiswa yang sedang menyelesaikan studinya ditingkat akhir,” ungkap Acang pada acara penyerahan bantuan secara simbolis kepada mahasiswa di Sekretariat Baznas Pandeglang, Selasa (12/10/2021).

Pihaknya, kata Acang, mengakomodasi hampir seluruh kampus di Pandeglang terkait program bantuan mahasiswa. Pihaknya juga sudah menerima data mahasiswa dari kampus yang mengajukan bantuan, di antaranya Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA), Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP), STAI Babunnajah Pandeglang Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Babunnajah, Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Manshur (STAISMAN), dan Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Mutiara Banten.

Advertisement

“Setiap kampus kurang lebih mendapatkan kuota 16 mahasiswa, dan setiap mahasiswa mendapatkan bantuan sebesar Rp1 juta rupiah,” ungkapnya.

Acang berharap, bantuan program studi itu mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pendidikan di Pandeglang. Menurutnya, pada era globalisasi ini generasi muslim harus meningkatkan ilmu pengetahuan agar dapat bersaing.

“Semakin tinggi SDM kita, tentu tidak akan tersisihkan. Mahasiswa adalah satu komponen dari zakat yang sedang berjuang di jalan Allah SWT. Hak inilah (program bantuan mahasiswa-red) yang kita berikan kepada mereka,” terangnya.

Selain program pendidikan, lanjut Acang, pihaknya juga mempunyai program lain di tengah pandemi ini, yakni memberikan dukungan untuk peningkat imun bagi para kiai yang akan digulirkan dalam waktu dekat, seperti pemberian bantuan susu, madu, vitamin, dan paket lainnya.

“Kita berikan 100 paket untuk kiyai yang masuk ke dalam kepengurusan MUI (Majelis Ulama Indonesia) maupun di luarnya,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa UNMA, Ma’mun mengucapkan terima kasih atas bantuan program studi dari Baznas yang dinilainya bermanfaat baginya untuk menyelesaikan tugas akhir.

Ma’mun berharap, program berberlanjutan dan kuoatanya terus bertambah ke depan.

“Semoga Baznas diberikan kemudahan rizkinya,” ucapnya. (M Hafidz Fathurrohman/zai)

Back to top button