Pemerintahan

Begini Tanggapan Bupati Tangerang Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD!

TANGERANG, LBCWakil Bupati (Wabup) Tangerang Mad Romli mewakili Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memberikan jawaban dan tanggapan atas pemandangan umum Fraksi– fraksi DPRD pada Rapat Paripurna DPRD atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi tentang Raperda APBD Perubahan 2021 Kabupaten Tangerang, Selasa (21/9/2021).

Pejabat yang akrab disapa H Ombi itu mengawali paparannya dengan memberikan tanggapan pandangan umum dari Fraksi Golkar tentang soal layanan kesehatan terhadap masyarakat yang ekonominya lemah. Katanya, Pemkab Tangerang terus melakukan upaya peningkatan mutu pada perlindungan layanan fasilitas kesehatan, khususnya untuk masyarakat ekonomi lemah. Hal itu diwujudkan melalui program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang dikelola Dinas kesehatan (Dinkes)

Katanya, program Jamkesda sudah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kabupaten Tangerang dan beberapa rumah sakit yang telah ditunjuk, dengan tujuan dapat memberikan layanan optimal bagi masyarakat ekonomi lemah.

“Program ini bentuk perlindungan bagi masyarakat Kabupaten Tangerang yang non-jaminan,” tegasnya.

Advertisement

Menanggapi Fraksi Gerindra yang mempersoalkan terobosan pengelolaan pajak daerah pada masa pandemi Covid-19, kata Mad Romli, pihaknya sudah memberikan stimulus relaksasi terhadap pembayaran pajak daerah yang bertujuan agar masyarakat tetap dapat memenuhi kewajibannya sebagai Wajib Pajak (WP). Salah satunya, dengan memberikan keringanan pajak bagi WP berupa penghapusan sanksi administrasi, termasuk memberikan penundaan batas waktu jatuh tempo. 

“Selain itu, kami juga lakukan penyederhanaan sistem pada prosedur administrasi pembayaran pajak daerah bagi WP,” jelasnya.

Menanggapi pandangan Fraksi Demokrat terkait masalah sinkronisasi dan harmonisasi penyusunan anggaran, kata Mad Romli, pihaknya telah menghimpun usulan-usulan dari masyarakat kepada OPD maupun sebaliknya melalui forum musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) di tingkat Kecamatan.

“Atau bisa juga disampaikan di forum perangkat daerah dan Musrembang Kabupaten,” katanya.

Usai Paripurna, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail menegaskan, paparan Bupati Tangerang yang diwakili Wabub Tangerang Mad Romli sudah sesuai permintaan Fraksi-fraksi. Namun, ada beberapa hal yang perlu ada jawaban lebih rinci yang akan disampaikan melalui rapat lanjutan tertutup. (Iqbal Kurnia Musyab/zai)

Back to top button