Pendidikan

Sekolah di Kota Tangerang Mulai Persiapan Belajar Tatap Muka

TANGERANG, LBC– Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Tangerang sedang dalam tahap persiapan untuk jenjang SD dan SMP. Terutama menyiapkan sarana prasarana standar protokol kesehatan (prokes) dan sosialisasi edukasi PTM dalam kondisi pandemi Covid-19.

Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kota Tangerang Helmiati mengatakan, pihak sekolah di Kota Tangerang saat ini sedang sibuk melakukan persiapan PTM, dengan melengkapi sarana dan prasarana untuk memenuhi prokes, seperti menyediakan wastafel, hand sanitizer, termogan dan lainnya di depan kelas, serta sosialisasi edukasi PTM di masa pandemi Covid-19 saat ini. Pihaknya juga mendorong guru yang belum divaksin untuk segera divaksin

“Penting memberikan pemahaman kepada siswa dalam menjalankan prokes ketika mengikuti PTM, demikian juga dengan orangtua siswa agar ikut andil memberikan pemahaman itu,” ujar Hemiati kepada lingkarbanten.com melalui sambungan telepon seluler, Senin (308).

Saat ini, lanjut Helmiati, pihaknya juga sedang mengedukasi siswa agar nanti saat masuk sekolah agar memahami prokes. Menurutnya, siswa SD tidak seperti siswa SMP yang dikhawatirkan melanggar prokes, seperti berpelukan karena sudah lama tidak bertemu.

Advertisement

“Nah kita sedang mengedukasi itu ke siswa dan orangtua,” jelasnya.

Helmiati meminta, orangtua siswa mengingatkan anaknya agar membawa peralatan belajar dan peralatan makan sendiri agar tidak terjadi penukaran yang mengandung risiko. Pihaknya juga saat ini sedang mengkaji beberapa wilayah terkait dampak dan lainnya jika menerapkan PTM.

“Prinsipnya kita mengutamakan keselamatan dan berhati hati,” tegasnya.

Diungkapkan Helmiati, di Kota Tangerang ada 298 SD yang saat ini sedang melakukan kesiapan menuju PTM dan hasilnya akan dievaluasi.

“Secara kesiapan, kita sudah siap. Kita juga sudah pernah sebar survey ke sekolah dan sudah siap,” tandasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala SD Negeri I Kota Tangerang, Sudarmi mengaku senang dengan wacana PTM di sekolah. Ia menegaskan, pihaknya sudah sepenuhnya siap menjalankan PTM dan menerapkan prokes sesuai anjuran pemerintah.

“Guru juga sudah divaksin. Para siswa juga sudah diimbau agar membawa peralatan makan sendiri,” tegasnya.

Kata Sudarmi, skema PTM dalam uji coba akan dilakukan separuh jumlah siswa.

“Nanti di kelas setengah siswa dan lainnya akan belajar daring. Untuk kesiapan sarana dan prasarana prokes, kami sudah siap,” pungkasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button