NewsPemerintahanPendidikan

Belasan Mahasiswa dan Pelajar Papua Demo Minta Dukungan Pemprov

SERANG, LB – Belasan mahasiswa dan pelajar asal Papua yang tergabung Himpunan Mahasiswa Pelajar dan Putra Putri Papua di Banten (HAMPURA) menggelar aksi unjuk rasa di Alun-Alun Serang, Selasa (14/6/2022). Mereka meminta dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terhadap pengesahan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua.

Unjuk rasa berjalan tertib dan damai. Kendati demikian, unjuk rasa mendapatkan pengawalan dari aparat kepolisian.

Koordinator Lapangan HAMPURA, Frans Yohannes Miokbun mengatakan, kedatangannya berunjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi untuk daerahnya di Papua, yakni meminta dukungan pembentukan DOB Papua agar lebih maju dalam sektor administrasi dan ekonomi.

Yohanes pun meminta Pempro Banten ikut membantu dan mendukung pemekaran DOB di Papua kepada pemerintah pusat.

Advertisement

“Papua 5 provinsi, kalau Papua Barat kurang lebih 3 (provinsi), jadi 8 provinsi,” sebutnya.

Menurut Yohannes, DOB Papua merupakan solusi bagi pemerataan pembangunan di Papua, sehingga masyarakatnya lebih sejahtera. Dengan begitu, kata Yohannes, akses untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi terbuka dan dapat mengatasi kesenjangan sosial.

Selama ini, diklaim Yohannes, adanya perubahan otonomi khusus (Otsus) sudah memberikan dampak baik bagi pendidikan, kesehatan, tata kelola, serta pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur di Papua.

“Supaya Papua bisa bersaing dengan daerah lain di Indonesia,” katanya.

Berdasarkan pengamatan Lingkar Banten melalui media sosial, aksi serupa berunjuk rasa juga terjadi di beberapa daerah di Indonesia. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button