HeadlineHukrim

Belasan Warga Kota Serang jadi Korban Modus Pinjaman Modal Usaha

SERANG, LBC– Akibat percaya terhadap tetangga kontrakan yang berperilaku ramah, sejumlah warga yang tinggal di kontrakan di lingkungan Mayabon, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang menjadi korban penipuan dengan modus pinjaman modal usaha.

Seperti yang disampaikan Azhar (25), salah seorang korban penipuan modus pinjaman modal usaha mengaku, tidak menyangka bahwa dia bisa tertipu oleh pria berinisial MZ (28). Menurutnya, MZ berperilaku baik dan senang berbagi kepada tetangga dan teman-temannya. Sikap itulah yang membuat Azhar yakin terhadap perkataan MZ saat mengiming-imingi pinjaman modal usaha dengan cara mudah.

“Yah dia baik, makanya kita percaya. Saya dan teman-teman sudah habis uang banyak, ada kali 12 orang yang kena tipu,” ungkap Azhar kepada lingkarbanten.com, Senin (30/8/2021).

Pria yang berprofesi ojek online ini mengatakan, korban yang merasa tertipu berencana melaporkan kasus tersebut kepada pihak kepolisian. Itu untuk memberikan efek jera tetangga kontrakannya itu agar tidak terjadi pada orang lain.

Advertisement

“Ini jadi pelajaran buat saya. Saya harap tidak ada lagi yang menjadi korban penipuan ini,” harapnya.

Korban lainnya bernama Dian (32) menambahkan, pelaku awalnya menawarkan pinjaman tinggi dengan deposit rendah dan tanpa jaminan.

“Dia bilang kalau mau pinjam Rp10 juta harus deposit Rp500 ribu. Kalau Rp20 juta deposit Rp1 juta, tanpa syarat apapun,” jelasnya.

Penawaran yang menggiurkan itu sontak menarik minat Dian untuk melakukan pinjaman. Apalagi dijanjikan uang cair dalam waktu singkat, tepatnya pada Senin 16 Agustus 2021.

“Yah gimana kan, lagi pandemi gini semua serba susah, tiba-tiba ada yang mau minjemin uang dengan syarat gampang, ya saya mau,” katanya.

Namun pada hari dimana uang itu harusnya sudah cair, lanjut Dian, pelaku meminta tenggat waktu dan menjanjikan lagi kalau uang pinjaman keluar pekan depan, tepatnya Selasa 24 Agustus 2021.

“Ternyata pas hari yang dijanjikan, MZ sudah tidak ada di rumah kontrakannya dan kabur membawa semua uang deposit,” keluhnya. (Sofi Mahalali/zai)

Back to top button