Kesehatan

BINDA Banten Suntik Vaksin 1.500 Santri Riyadul Janah Kab Tangerang

TANGERANG, LBC– Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Banten menggelar acara vaksinasi dosis pertama di Pondok Pesantren (Ponpes) Riyadul Janah Desa Kemuning, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Selasa (31/8/2021). Sedikitnya 1.500 peserta, yang terdiri atas santri ponpes dan warga sekitar yang mengikuti vaksinasi.

Acara dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) melalui Telekonferensi. Hadir di lokasi vaksinasi Kepala BINDA Banten Brigjend TNI Cahyono Cahya Angkasa beserta Jajarannya. Para santri yang hendak divaksin tampak antusias mengikuti vaksinasi.

Cahyono menilai, penting untuk melakukan vaksinasi terhadap santri di ponpes yang menjalankan aktivitasnya menggunakan sistem asrama. Sebab, sistem pembelajarannya mengharuskan para santri bertatap muka dengan gurunya. Hal itu dikenal dengan istilah ‘Sorogan’ atau santri menyetor bacaan kitab atau hafalan yang dikoreksi Ustadz atau Kiai. Menurut Cahyono, pesanten merupakan pilar penting dan aset berharga bagi bangsa. Untuk itu, pihaknya merasa terpanggil melakukan vaksinasi.

“Ini juga (vaksinasi-red) sebagai langkah strategis menghadapi ancaman nasional pandemi Covid-19. Total yang divaksin ada 1.500 santri,” ungkapnya di sela-sela kegiatan vaksinasi.

Advertisement

Hal senada disampaikan Pimpinan Ponpes, Gus Aan Angshori yang menyambut baik langkah BINDA Banten karena sudah memfasilitasi vaksinasi terhadap santri asuhannya. Apalagi, kata Gus, salah satu syarat menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mengharuskan para peserta didik maupun Ustadz divaksin.

“Sambil menunggu diperbolehkannya PTM, kami dari ponpes disuntik vaksin dulu biar sehat. Terima kasih Pak Jokowi dan Pak Brigjen Cahyono sudah memfasilitasi vaksinasi ini. Karena acara ini juga, alhamdulillah internet masuk di pesantren kami, ini sungguh berkah,” ucapnya.

Kegiatan vaksinasi juga disambut baik salah seorang santri kelas 11 Riyadul Janah, Yusuf Pariski. Sebab, selain sebagai mendapat vaksin juga mendapat kesempatan berkomunikasi langsung dengan Presiden RI.

 “Alhamdulillah seneng dan bangga tadi ngomong langsung sama Pak Jokowi. Mudah-mudahan Pak Jokowi bisa datang ke pesantren,” harapnya. (Ikbal Kurnia Musyab/zai)

Back to top button