Kesehatan

BNN Tangerang Nilai Rehabilitasi Medis dan Sosial Lebih Efektif

TANGERANG, LBC – Dinilai lebih efektif, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang melakukan upaya terapi bagi pecandu narkotika dengan pola rehabilitasi medis dan sosial. Itu mengacu Peraturan BNN RI Nomor 24 tahun 2017 tentang Standar Pelayanan Rehabilitasi bagi Pecandu Narkotika dan Korban Penyalahgunaan Narkotika untuk Ketergantungan Golongan Narkoba Lain.

Kepala BNN Kota Tangerang Satrya Ika Putra mengatakan, pihaknya sudah mempunyai cara efektif untuk melakukan terapi terhadap pecandu narkoba.

“Cara lebih efektif untuk terapi pecandu narkoba itu sesuai sesuai peraturan BNN ya melakukan rehabilitasi medis dan sosial. Sudah kita lakukan di Loka, Balai atau Balai Besar Rehabilitasi BNN,” ungkap Satrya melalui sambungan telepon seluler, Senin (27/9/2021).

Disinggung soal tempat rehabilitasi Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM), kata Satrya, khusus pengguna opioid, seperti heroin dan lain-lain.

Advertisement

“Boleh-boleh saja tetap masih digunakan Klinik Metadon yang sudah ada. Cuman substansinya atau zat yang disalahgunakan hanya khusus untuk golongan opioid. Yang dibutuhkan dalam  kasus penggunaan Putaw yang sepertinya sudah mulai marak,” terangnya.

Menurut Satrya, PTRM sebagai Harm Reduction atau program yang digunakan untuk mencegah penularan HIV pada populasi pengguna Napza suntik (penasun) sehingga bisa menekan angka penularan HIV/AIDS. Layanan PTRM, dijelaskan Satrya, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 57 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Terapi Rumatan Metadon, yakni tujuan PTRM secara umum untuk mengurangi dampak buruk kesehatan, sosial dan ekonomi bagi penasun.

“Dengan PTRM diharapkan dapat mengurangi dorongan dan kebutuhan pecandu untuk melakukan tindak kriminal, memperkecil risiko overdosis, dan masalah kesehatan lainnya,” harapnya.

Satrya pun meminta kepada masyarakat untuk tidak segan-segan menyampaikan informasi jika ada orang yang membutuhkan rehabilitasi dari kecanduan narkotika kepada BNN.

“BNN Kota Tangerang saat ini telah memiliki sambungan telepon yang dapat menerima informasi di call center 0812 8460 6661,” pungkasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button