Kesehatan

BOR di Kota Tangerang Terus Menurun, BOR ICU Masih Tinggi

TANGERANG, LBC – Upaya keras Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam menekan laju penyebaran Covid-19 menunjukan hasil. Salah satunya dengan melihat indikator bed occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit yang terus menurun.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkapkan, BOR pasien Covid-19 di rumah sakit Kota Tangerang terus mengalami penurunan. Per JUmat (13/8/2021) BOR berada di angka 30,82 persen.

“BOR menurun cukup signifikan,” ujarnya saat dikonfirmasi lingkarbanten.com melalui sambungan telepon seluler, Jumat (13/8) malam.

Penurunan itu, Arief membandingkan dengan kondisi BOR di rumah sakit pada Juli yang menyentuh angka 93 persen. Bahkan, sambung Arief, BOR di RS Sitanala yang merupakan salah satu rumah sakit rujukan di Kota Tangerang sempat menyentuh angka 100 persen.

Advertisement

Kendati demikian, Arief tidak menampik, BOR ICU di rumah sakit rujukan masih berada di atas 50 persen.

“BOR ICU di 32 rumah sakit rujukan di Kota Tangerang sekarang masih di angka 51,25 persen,” ungkap nomor satu di Kota Tangerang itu.

Untuk tingkat BOR di Ruang Isolasi Terkonsentrasi (RIT) juga, tambah Arief, menunjukan penurunan signifikan, yakni saat ini berada di angka 31,39 persen. Sebelumnya, lanjut Arief, awal Juli BOR di RIT di angka 92 persen. Untuk RIT yang saat ini masih beroperasi, kata Arief, sudah jauh berkurang.

“Sekarang tinggal dua (RIT yang beroperasi-red), RIT Jurumudi Baru dan RIT Sudimara Pinang,” sebutnya.

Sebagai informasi, mengacu data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang sampai saat ini total kasus Covid-19 di Kota Tangerang mencapai 27.890 kasus. Pasien yang dirawat atau yang menjalani isolasi mandiri (isoman) berkurang sebanyak 1.808 orang, sehingga yang dikonfirmasi dirawat berjumlah 2.130 orang dan dinyatakan sembuh 25.670 orang. Kemudian untuk pasien Covid-19 yang meninggal tercatat sebanyak 423 orang atau bertambah empat orang. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button