Kesehatan

BOR Menurun, Pemkot Tangerang Imbau Pasien Isoman Manfaatkan RIT

TANGERANG, LBC – Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur perawatan Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Kota Tangerang menurun seiring gencarnya pengendalian pandemi Covid-19 oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, dari 90 persen menjadi 65,74 persen. Begitupun Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) di Kota Tangerang yang saat ini terisi 40 persen agar dapat dimanfaatkan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi mengklaim, saat ini BOR Covid-19 di RS yang ada Kota Tangerang menurun. “Persentasenya dari tadinya 90 persen, sekarang menjadi 65,74 persen,” ungkap Liza di ruang kerjanya, Jumat (30/7/2021).

Oleh karena itu, Liza menyarankan pasien isolasi mandiri (isoman) bisa memanfaatkan fasilitas RIT agar terpantau dengan baik dan benar. Terlebih mereka yang berusia di atas 55 tahun, yang mempunya komorbid atau yang memiliki penyakit penyerta, serta yang kondisi rumahnya tak memungkinkan menjadi ruang isolasi.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang sedang menjalani isoman agar memanfaatkan ketersediaan fasilitas isolasi terpusat, seperti RIT atau RS sebagai faskes (fasilitas kesehatan) pemerintah untuk pemulihan dari virus Covid-19,” imbau Liza.

Advertisement

Dengan menjalani isoman di faskes terpusat, dijelaskan Liza, pasien akan terpantau ketika terjadi gejala yang buruk. Menurut Liza, dengan adanya pengawasan dokter dan perawat selama 24 jam akan berdampak pemulihan pasien semakin cepat. Selain itu, sambung Liza, dengan isoman terpusat dapat melindungi orang terdekat pasien, terutama keluarga. Bagi warga yang melakukan isoman di rumah, dipastikan Liza, akan mendapatkan kiriman obat dari puskesmas terdekat. Pihaknya juga menyediakan permakanan melalui Tim Satuan Petugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 setempat. Liza menyebutkan, saat ini angka kesembuhan isoman di Kota Tangerang mencapai 98 persen. Pihaknya melakukan pemantauan pasien isoman melalui aplikasi Sirona dan website https://covid19.tangerangkota.go.id/pendataan_isman/daftar yang dikeluarkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

“Pokoknya mereka yang lapor dan memeriksakan kondisinya di Puskesmas otomatis akan mendapat paket obat-obatan dari Satgas Covid-19. Kita juga ngasih nomor dokter Puskesmas yang bisa dihubungi untuk konsultasi kondisi hariannya secara lebih lanjut,” tandasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button