Pendidikan

BPBD Kabupaten Serang Bagikan Puluhan Ribu Masker Dukung PTM

SERANG, LBC – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang menyerahkan bantuan lebih dari 20 ribu masker, hand sanitizer, dan desinfektan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang. Bantuan sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tingkat SD dan SMP di Kabupaten Serang.

Penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang yang juga selaku Kepala BPBD Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya usai apel bersama di halaman kantor BPBD Kabupaten Serang, Selasa (14/9/2021). Hadir Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma.

“Hari ini kita serahkan kurang lebih 20 ribu masker, kemudian desinfektan dan hand sanitizer kepada dinas pendidikan dalam rangka mendukung PTM,” ujar Entus usai penyerahan bantuan dalam siaran pers.

Entus berharap, PTM di Kabupaten Serang bisa berjalan lancar dan berjalan sehat dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), serta tidak menjadi kluster baru penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Advertisement

Diakui Entus, pemberian bantuan masker masih kurang atau belum sesuai kebutuhan, mengingat jumlah siswa di Kabupaten Serang mencapai lebih dari 120 ribu orang.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bisa bantu lagi melalui BPBD,” harap Mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang ini.

Entus juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran BPBD, baik ASN maupun Non ASN yang selama pandemi Covid-19 tidak henti-hentinya berjuang di lapangan menangani Covid-19.

Alhamdulillah, berkat kerjasama semua pihak di Kabupaten Serang kita berada di level 2 zona kuning. Ini harus kita pertahankan terus. Kita juga akan berupaya terus menjadi zona hijau, sehingga kehidupan masyarakat bisa kembali normal,” tegas mantan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang ini.

Sementara itu, Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat segera mendistribusikan bantuan masker, hand sanitizer, dan desinfektan ke sekolah-sekolah. Terkait perkembangan PTM di Kabupaten Serang, dipastikan Asep, berjalan kondusif.

Alhamdulillah perkembangan PTM dalam pemantauan kondusif, hal yang harus lebih ditata item-item itu juga menjadi perhatian kita,” ujarnya.

Menurut Asep, PTM bukan hanya sekedar pembelajaran dalam pengertian akademik mengajarkan materi pelajaran, lebih dari itu bagaimana membentuk perilaku yang berkaitan dengan penguatan kedisiplinan cara hidup sehat. Apalagi, sambung Asep, saat ini penguatan kedisiplinan cara hidup sehat tidak boleh keluar dari prokes Covid-19, bagaimana menguatkan perilaku anak-anak dalam hal keluar dari rumah datang ke sekolah melakukan aktivitas pembelajaran, hingga keluar dari sekolah pulang kerumah tidak boleh melepas masker.

“Itukan perilaku,” terang mantan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang ini.

Oleh karena itu, Asep mengingatkan, PTM jangan hanya membayangkan bagaimana proses pengajarannya, tapi terkait kontek sosial budaya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Jadi, alhamdulillah semuanya kita pantau,” tegasnya.

Asep menambahkan, pada dasarnya berbicara prokes ada yang tanggung jawab individu dan lembaga sudah jelas aturannya. Contoh, tanggung jawab lembaga sekolah atau lembaga yang menyiapkan hand sanitizer, melakukan proses cek suhu tubuh termoghen, dan segala macamnya.

“Sekarang yang ada di sekolah bagaimana mengatur jarak itu wajib,” pungkasnya. (zai)

Back to top button