News

BPBD Kota Tangerang Peringatkan Wilayah Berpotensi Bencana

TANGERANG, LB–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang mulai memperingatkan sejumlah wilayah di Kota Tangerang yang terdeteksi berpotensi terjadi bencana alam. Itu menyusul memasuki akhir tahun akan datang musim penghujan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang Deni Koswara mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi terjadinya bencana di Kota Tangerang dengan memberikan pelatihan-pelatihan penanganan kebencanaan kepada warga di wilayah berpotensi terjadi bencana.

“Sejumlah wilayah yang dideteksi berpotensi bencana sudah diperingatkan. Dengan begitu diharapkan warga bisa lebih waspada dan tanggap,” harap Deni di ruang kerjanya, Jumat (29/10/2021).

Tahap Pra Bencana, kata Deni, pihaknya sudah memberikan pelatihan-pelatihan penanganan kebencanaan kepada warga agar nantinya bisa semakin tanggap bencana. Langkah lainnya.kata Deni, pihaknya juga menyiapkan tahap pasca bencana. Semisal membantu perbaikan warga yang hilang atau terendam kartu identitas.

Advertisement

“Pokoknya kita lakukan fungsi koordinasi semaksimal mungkin,” tegasnya.

Intinya, kata Deni, pihaknya melibatkan relawan di sejumlah organisasi kerelawanan di Kota Tangerang, termasuk warga dalam setiap penanganan bencana. Saat ini, dipastikan Deni, relawan sudah siaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan membantu penanganan bencana. Selain itu, lanjut Deni, pihaknya juga saat ini sedang menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) Bencana agar warga semakin tangguh menangani bencana.

“Output dari Perda yaitu warga semakin tangguh dan siaga menghadapi bencana. Maka, kami latih dan siap bermitra dengan siapa saja,” jelasnnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button