HeadlineKesehatan

BPK RI Dorong Pemkab Serang Percepat Vaksinasi Tanggulangi Pandemi

SERANG, LBC– Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Banten mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk mempercepat proses vaksinasi untuk menanggulangi pandemi Covid-19 sehingga cepat berakhir.

Hal itu terungkap saat jajaran BPK RI melakukan kunjungan ke Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Serang, Senin, (23/8/2021). Kedatangan rombongan BPK yang dipimpin Pengendali Teknis BPK RI Perwakilan Provinsi Banten Diana disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tubagus Entus Mahmud Sahiri di Ruang Rapat Sekda. Pertemuan itu juga dihadiri Inspektur Inspektorat Kabupaten Serang Rahmat Jaya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang drg Agus Sukmayadi, dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang Anas Dwi Satya Prasadya.

Diana menjelaskan bahwa kedatangannya ke Pemkab Serang untuk menyinergikan upaya percepatan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Serang. Hal itu, kata Diana, merupakan program pemeriksaan kinerja pendahuluan atas upaya pengelolaan vaksinasi dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi Covid-19 tahun anggaran 2021.

“Intinya kita mengharapkan kerjasama (percepatan vaksinasi Covid-19),” jelasnya.

Advertisement

Menurut Diana, penanganan Covid-19 tidak bisa hanya dibebankan kepada Dinkes, melainkan semua instansi terkait harus bahu membahu membantu, terutama Diskominfosatik yang harus menyosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mau divaksin.

“Ya Kominfo (menyebut Diskominfosatik-red) membantu meng-share (membagikan informasi) sentra vaksin ada dimana atau menginfokan jadwal puskesmas melaksanakan vaksinasi. Kalau Dinkes tahunya sudah menjadi konten, nah itu tugas kominfo,” terangnya.

Untuk OPD lain, lanjut Diana, seperti Dinas Sosial (Dinsos) juga harus bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk memberikan pemahaman agar masyarakat mau divaksin untuk penanganan Covid-19.

“Target akhirnya ya Covid bisa turun penyebarannya dan hilang,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Sekda Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri menerangkan bahwa kedatangan BPK RI untuk mendorong percepatan vaksinasi di Kabupaten Serang. Atas dorongan itu, kata Entus, pihaknya akan melibatkan OPD terkait untuk percepatan vaksinasi.

“Minggu ini kita konsen di tiga sektor, yaitu pendidikan, penyandang masalah sosial, dan panitia Pilkades (Pemilihan Kepala Desa). Jumlahnya tidak kurang dari 200 ribu orang, stok vaksin yang ada kurang lebih untuk 80 ribu,” ungkapnya.

Kendala saat ini dalam proses vaksinasi, diakui Entus, karena keterbatasan tenaga kesehatan (nakes). Untuk itu, lanjut Entus, pihaknya akan melibatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari OPD lain untuk membantu menginput data, seperti tenaga dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinkominfosatik, serta dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

“Nanti tenaga kesehatan tinggal fokus pada tugas memvaksin dan observasinya. Tugas administrasi dan operator penginputan data dibantu tenaga non nakes,” jelasnya.

Terkait itu, Kepala Dinkes Kabupaten Serang drg Agus Sukmayadi menambahkan, BPK RI Perwakilan Provinsi Banten melakukan audit kinerja terhadap Pemkab Serang dalam hal pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan sejak Januari 2021 sampai saat ini.

“Jadi BPK menyampaikan beberapa hal berkenaan dengan percepatan vaksinasi yang mereka temukan, baik saat melakukan audit secara administrasi maupun lapangan,” jelasnya.

Hal itu, sambung Agus, dilakukan agar ada upaya Pemkab Serang dalam rangka pemenuhan sasaran vaksinasi di Kabupaten Serang.

“Jadi sebenarnya penyampaian saran-saran dari BPK RI perlu ada kerjasama lintas OPD. Dalam pelaksanaan vaksinasi tidak hanya dibebankan ke dinkes, puskesmas, dan UPT saja,” terangnya.

Lantaran itu, lanjut Agus, saran dari BPKI RI disambut baik oleh Sekda.

“Kita akan tindaklanjuti diawali dengan melaksanakan rapat dalam rangka percepatan vaksinasi ini,” pungkas pejabat berkaca mata ini. (zai)

Back to top button