Peristiwa

Buntut Aksi Smackdown, Puluhan Mahasiswa Datangi Mapolda Banten

SERANG, LB– Puluhan mahasiswa yang tergabung Aliansi Mahasiswa Tangerang (Alamat) mendatangi Mapolda Banten, Kamis (14/10/2021). Itu buntut aksi oknum polisi yang melakukan smackdown kepada mahasiswa saat aksi unjuk rasa menyambut HUT Kabupaten Tangerang pada Rabu (13/10/2021).

Namun, aksi mahasiswa sempat diadang oleh aparat kepolisian di depan Perumahan Taman Krisan yang berjarak kurang lebih dua kilometer dari Mapolda Banten. Aksi pun digelar di depan Perumahan Taman Kristan dan massa menyampaikan aspirasinya secara langsung.

Dalam orasinya, Koordinator aksi, Muflih Al Fajri menilai, terjadi kelalaian dalam proses pengamanan dalam menertibkan aksi. Muflih pun meminta Kapolrest Tangerang dicopot dari jabatannya, selain menindak tegas oknum polisi yang melakukan smackdown kepada mahasiswa.

“Ini berarti tidak ada kontroling, sehingga mereka tidak mengayomi, malah justru menghakimi,” tukasnya.

Advertisement

Muflih masih tidak terima temannya terkena smackdown saat menggelar aksi. Padahal, hanya menyuarakan aspirasi atau pendapat di tempat umum yang sejatinya dilindungi undang-undang.

“Sampai viral, karena teman kita ada yang di-smackdown, di tv sudah tidak ditayangkan, ini kenapa ada polisi yang melakukannya,” keluhnya.

Lantaran itu, pihaknya meminta oknum polisi yang telah membanting mahasiswa diproses secara hukum.

“Meski sekarang sudah diproses secara internal, tetapi kita minta dihadapkan juga dengan hukum, agar ini menjadi transparan dan contoh buat ke depannya,” desaknya. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button