Pendidikan

Bupati Pandeglang Hibahkan 7,4 Hektare Lahan Pertanian untuk Untirta

PANDEGLANG, LB – Bupati Pandeglang Irna Narulita melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Prof Fatah Sulaeman terkait hibah lahan pertanian seluas 7,4 hektare di Desa Kaduela, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang. Kerjasama itu untuk mendukung riset pertanian oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut.

Proses penyerahan bantuan hibah lahan secara simbolis oleh Irna kepada Rektor Untirta disaksikan langsung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Pendopo Bupati Pandeglang, Jumat (1/10/2021). Lokasi lahan pertanian yang hibahkan berada di Desa Kadu Ela, Kecamatan Cadasari, Pandeglang.

Irna mengatakan, lahan yang dihibahkan kepada Untirta rencananya akan dibuat riset perkebunan berbasis lingkungan. Dengan hibah tanah tersebut, Irna berharap, wilayah Pandeglang menjadi lokus riset pengembangan sektor pertanian dan perkebunan.

“Kami sangat mendukung pengembangan pendidikan bidang pertanian untuk peningkatan SDM di Pandeglang ini. Semoga bisa memberikan inovasi untuk pengembangan pertanian di Pandeglang,” harapnya.

Advertisement

Sementara itu, Rektor Untirta Prof Fatah Sulaeman menyatakan, hibah lahan dari Pemkab Pandeglang akan dijadikan lokasi riset perkebunan berbasis lingkungan sesuai proposal yang diajukan, yakni Eco Farm untuk riset perkebunan berbasis lingkungan yang dikoordinasi oleh Fakultas Pertanian Untirta.

“Gagasan ini kami buat agar menjamah langsung daerah untuk penguatan akses pendidikan. Sekarang Pandeglang, mungkin nanti daerah lainnya,” ujarnya. (M Hafidz Fathurrohman/zai)

Back to top button