InovasiPemerintahan

Bupati Pandeglang: IPA SPAM Bantu Warga dan Tunjang KSPN-KEK

PANDEGLANG, LBCBupati Pandeglang Irna Narulita melakukan peletakan batu pertama (Groundbreaking) Instalasi Pengolahan Air Sistem Penyediaan Air Minum (IPA SPAM) di Kampung Ranca Nini, Desa Karyasari, Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang, Senin (13/9/2021).  Pembangunan IPA SPAM dinilai Irna membantu warga empat kecamatan serta menjadi penunjang Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Menurut Irna, air bersih sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hajat hidup orang banyak. Apalagi, Irna menilai, saat ini ketersediaan air bersih, khususnya di KSPN dan Buferzone KEK Tanjung Lesung terbilang minim.

“Hari ini keperdulian pemerintah pusat sangat besar kepada kami dengan membangun IPA SPAM. Ini sangat besar manfaatnya untuk masyarakat dan menunjang kawasan (KSPN dan KEK-red),” ujar mantan anggota DPR RI periode 2014-2016 ini dalam siaran pers yang diterima lingkarbanten.com.

Tahap awal pembangunan, kata Irna, akan didistribusikan untuk 8.000 saluran rumah dan akan dirasakan manfaatnya untuk 36.000 jiwa di empat Kecamatan yang masuk Buferzone KEK Tanjung Lesung, yakni Kecamatan Panimbang, Sukaresmi, Angsana, dan kecamatan Patia.

Advertisement

“IPA SPAM ini akan menjadi sarana penunjang KEK Tanjung Lesung, selain masyarakat juga tidak kita tinggalkan untuk merasakan manfaatnya,” terang istri mantan Bupati Pandeglang sekaligus Wakil Ketua MPR RI Achmad Dimyati Natakusuma ini.

Diakui Irna, faktor penunjang lainnya untuk KEK Tanjung Lesung seperti aksesibilitas masih tahap proses. Namun, lanjut Irna, hadirnya IPA SPAM ini akan menjadi pemantik penunjang lainnya segera terealisasi di KEK Tanjung Lesung.

“Secara bertahap dan paralel akan terwujud (penunjang kawasan-red). Saat ini ketersediaan air bersih segera terwujud. Semoga penunjang lainnya, seperti jalan tol segera selesai sehingga ekonomi akan tumbuh,” harap lulusan S2 Manajemen di Universitas Indonusa Esa Unggul, Jakarta 2010 itu.

Bupati Pandeglang Irna Narulita usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan IPA SPAM.

Di tempat yang sama, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Banten (BPPW) Ditjen Ciptakarya, Rojali Indra Saputra mengatakan, IPA SPAM dibangun untuk pemenuhan air bersih berkapasitas 200 liter per detik untuk KSPN dan masyarakat sekitar. Menurutnya, air bersih sangat dibutuhkan masyarakat di kawasan tersebut yang sejauh ini dinilai kesulitan mengakses air bersih, karena dampak ekologis yang mempengaruhi ketersediaan air di permukaan tanah.

Diungkapkan Rajali, anggaran untuk membuat IPA SPAM mencapai sekira 180 miliar. Katanya, IPA SPAM merupakan proyek multiyear 2021-2022.

“Akan ada beberapa tahapan untuk penyempurnaan pasangan sambungan rumah dan zona komersil, sehingga tahun 2023 dan 2024 manfaatnya akan lebih terasa lagi,” jelasnya.

Kata Rajali, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Tuang (PUPR) bertugas memfasilitasi hingga pemasangan pipa utama ke wilayah KSPN sepanjang 30 kilometer.

“Setelah dibangun akan dikelola oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), karena kami sebagai pembina PDAM, kita akan merumuskan mekanismenya,” tandasnya.

Terpisah, Direktur PDAM Pandeglang Ujang Sumawinata mengaku siap mengelola IPA SPAM Tanjung Lesung untuk pemenuhan KSPN dan masyarakat di 12 desa, empat kecamatan yang masuk Buferzone KEK. Pihaknya juga akan memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di sekitar kawasan tersebut.

“Ada 6.000 saluran rumah yang sudah menunggu dan 1.900 jaringan ke Kecamatan Panimbang bisa diambil dari sini (IPA SPAM KEK-red). Nanti yang bekas Panimbang kita alihkan ke Kecamatan Patia,” ujarnya. (zai)

Back to top button