HeadlineInovasi

Bupati Serang dan BPR Serang Hattrick Raih Top BUMD Award 2021

SERANG, LBCBupati Serang Ratu Tatu Chasanah untuk kali ketiga secara berturut-turut atau hattrick meraih Top BUMD Award 2021 yang digelar Majalah Top Business kategori Top Pembina BUMD 2021. Penghargaan bergengsi tingkat nasional itu diterima Tatu di Hotel Raffles Jakarta, Jumat (10/9/2021) malam.

Penghargaan juga diraih BPR Serang (Perseroda) selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Serang kategori Top BUMD 2021, termasuk Direktur Utama BPR Serang Acep Heri Suhana yang juga menerima penghargaan serupa kategori Top CEO BUMD 2021.

Alhamdulillah, penghargaan yang kami dapat ini buah dari semangat, kerja keras bersama, inovasi, serta dukungan dari nasabah BPR Serang dan masyarakat Kabupaten Serang,” ucap Tatu menerima penghargaan dalam siaran pers yang diterima lingkarbanten.com.

Menurut Tatu, BPR Serang sebagai BUMD sudah mencatatkan kinerja memuaskan dan menjadi BPR terbaik di Banten. Hal itu dibuktikan dengan kekompakan direksi hingga seluruh karyawan, inovasi, serta kepercayaan masyarakat yang merupakan kunci prestasi.

Advertisement

“Penghargaan ini harus mampu memicu kinerja lebih baik lagi,” pesan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Banten ini.

Sekadar informasi, Top BUMD Award 2021 diikuti 182 BUMD dari 1.149 BUMD di Indonesia atau meningkat 12 persen dibanding tahun 2020 sebanyak 163 BUMD. Dari jumlah itu, sebanyak 172 BUMD mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk wawancara penjurian.

Penilaian dilakukan secara obyektif dan independen oleh sejumlah lembaga penilai dan konsultan. Antara lain dari Institut Otonomi Daerah, FEB Universitas Padjadjaran Bandung, LKN, Solusi Kinerja Bisnis (SKB), Asia Business Research Center; Sinergi Daya Prima; Melani K Harriman Associates; Dwika Consulting; dan lain-lain.

Terkait kinerja, Dirut BPR Serang Acep Heri Suhana mengatakan, sesuai data pada Aplikasi Pelaporan Online OJK (Apolo) per Desember 2020 bahwa rasio-rasio keuangan PT BPR Serang (Perseroda) masuk kategori Sehat.

Meski dalam masa pandemic Covid-19, lanjut Acep, pada 2020 BPR Serang mencatatkan laba sebesar Rp11,2 miliar, serta memberikan deviden kepada para pemegang saham sebesar Rp6,16 miliar.

Sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP), kata Acep, BPR Serang juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat sebesar Rp336,22 juta yang diperuntukkan beasiswa perguruan tinggi, sarana prasarana pendidikan dan keagamaan, serta penanggulangan Covid-19.

Menurut Acep, capain kinerja BPR Serang diraih atas dukungan, arahan, serta pembinaan dari Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Insya Allah, kami akan selalu ingat dan melaksanakan pesan-pesan beliau untuk jaga kekompakan, berinovasi, dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” pungkasnya. (zai)

Back to top button