AgamaHeadline

Bupati Serang: MTQ Harus Memasyarakatkan Gemar Mengaji Alquran

SERANG, LBC – Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-51 Kabupaten Serang Dimulai. Acara dibuka langsung oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Ballroom Hotel Marbella, Anyar, Selasa (7/9/2021). Tatu pun berpesan agar MTQ jangan hanya menjadi ajang seremonial, melainkan harus memasyarakatkan gemar mengaji Alquran atau membentuk karakter masyarakat agar mencintai kitab suci agama Islam tersebut.

Acara pembukaan MTQ diselenggarakan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dihadiri seluruh unsur pemerintah dan lembaga serta organisasi masyarakat (ormas) Islam. Mulai dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Serang-Cilegon, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang, serta para camat se-Kabupaten Serang.

Insya allah berjalan lancar (lomba MTQ-red). Sekarang kita sudah masuk level 2 bukan berarti abai prokes, harus ketat prokes untuk kebaikan kita semua sebagai bagian dari ikhtiar,” pesan Tatu dalam paparannya.

Melihat dari peserta MTQ yang cukup banyak di Kabupaten Serang, Tatu pun menyoroti tujuan utama dari penyelenggaraan MTQ, khususnya di Kabupaten Serang yang menurutnya bukan sekadar lomba.

Advertisement

“Tujuan utama MTQ ini bukan sekadar seremonial atau juara-juara, kita ingin memasyarakatkan gemar mengaji sehingga masyarakat menjadi terbiasa membaca Alquran,” ujar Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Banten ini.

Untuk itu, Tatu mengajak para alim ulama dan ustadz di Kabupaten Serang untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak di wilayahnya masing-masing supaya bisa mengaji dengan benar.

“Selaku pemerintah kita mendapat amanah. Ini (memasyarakatkan mengaji-red) tugas terberat saya dari sisi agama,” terang Ketua DPD I Partai Golongan Karya (Golkar) Banten ini.

Oleh karena itu, Tatu pun meminta Lembaga Penyelenggara Tilawatil Quran berikut para alim ulama bisa mengevaluasi dampak kegiatan MTQ di tengah masyarakat. Tatu berharap, program kegiatan MTQ mendukung dan memotivasi masyarakat agar membiasakan mengaji Alquran.

“Soalnya, saya merasa anak-anak sekarang sudah jauh (dari agama-red). Sekelas SMP saja masih banyak yang belum lancar mengaji, bahkan belum bisa ngaji,” tukas Tatu.

Dengan adanya kegiatan MTQ, Tatu berharap, memberikan dampak positif dari sisi agama dan para juara yang menjadi perwakilan Kabupaten Serang bisa meraih prestasi menjadi juara umum MTQ di tingkat provinsi hingga internasional. Semua itu, menurut Tatu, bisa diraih dengan kerja keras. Tatu meyakini kafilah di Kabupaten Serang mempunyai kemampuan.

“Kita bertahan terus di posisi juara dua. Mudah-mudahan ke depan meningkat lagi jadi juara umum,” harapnya.

Tatu juga berpesan, dewan hakim MTQ dapat memberikan penilaian yang jujur dan transparan, tidak boleh keluar dari ketentuan, karena akan mencederai niat dari ketentuan itu sendiri.

“Bagaimanapun harus murni keluar juara benar-benar mempunyai kapasitas, bukan hanya tingkat Kabupaten Serang tetapi dapat melanjutkan hingga internasional,” tandasnya.

pelantikan Dewan Hakim MTQ ke-51 Kabupaten Serang.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ ke-51 Kabupaten Serang Nanang Supriatna mengatakan, tema kegiatan MTQ yaitu ‘Semangat MTQ Menyatukan Langkah Membangun Generasi Qurani’ yang bertujuan untuk memasyarakatkan semangat MTQ kepada segenap lapisan masyarakat, generasi muda, serta pemerintah agar lebih mencintai dan mendalami Alquran, mengisi pelaksanaan program pembangunan segala bidang.

“Wahana pembinaan QoriQoriah, Hafidz-Hafidzah, Khat-Khatah, MufasirMufasirah terbaik akan maju di ajang MTQ tingkat provinsi, nasional, bahkan hingga internasional,” terang mantan Camat Waringinkurung ini.

Dijelaskan Nanang, pembukaan MTQ digelar tatap muka terbatas dan virtual diikuti kepala OPD dan badan se-Kabupaten Serang, para kafilah tiap kecamatan yang ada di empat penginapan yang mengikuti secara virtual. Katanya, lomba tidak diperkenankan ada penonton, tetapi disiarkan langsung melalui zoom dan youtube.

Untuk menghindari kerumunan, sambung Nanang, pihaknya juga meniadakan kegiatan pawai taaruf dan defile. Katanya, ada tukjuh cabang lomba dan 20 golongan. Mulai dari cabang Tilawah,  Tahfidz Alquran, Tafsir, Tilawatul Kutub, Fahmi Quran, dan Cabang Syarhil Quran.

“Peserta ada 1.085 orang. Lomba digelar di 12 lokasi empat hotel di Kecamatan Anyer, yaitu Hotel Marbella, Jayakarta, Nuansa Bali, dan Hotel Pondok Layung,” ungkap Nanang yang juga selaku Asisten Daerah (Asda) Pemkab Serang itu.

Nanang menambahkan, kepanitian berasal dari berbagai unsur, mulai dari pemerintah daerah, Forkopimda Serang-Cilegon, pengurus LPTQ, Ormas islam, Organsiasi Kepemudaan, dan Ormas se-Kabupaten Serang, termasuk Dewan Hakim yang berjumlah 88 prang, serta petugas makro 40 orang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bupati dan wakil bupati, sekda atas bimbinga dan arahannya demi tertib dan lancarnya acara. MTQ ini menjadi syiar Islam sebagai bagian dari pembangunan di Kabupaten Serang, semoga mendapat ridho dan barokah,” harap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang ini.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyapa para camat yang hadir pada acara pembukaan MTQ.

Terkait itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Sosial (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Serang Febrianto menambahkan, MTQ ke-51 Kabupaten Serang merupakan persiapan penjaringan menuju MTQ tingkat Provinsi Banten pada November mendatang. Diakui pejabat yang akarab disapa Febri itu, tahun lalu Kabupaten Serang meraih peringkat kedua di MTQ Provinsi Banten.

“Ke depan kita akan berupaya bareng-bareng dengan dukungan para jurnalis juga harus jadi juara umum,” targetnya.

Tahun ini, disebutkan Febri, pihaknya tidak melibatkan Kaligrafi, karena jadwalnya tidak bisa bergiliran pada lombanya, tapi harus berbarengan dikhawatirkan terjadi kerumunan sehingga berdampak negatif.

“Tapi Insya Allah kesiapan keseluruhan kafilah Kabupaten Serang sudah 100 persen,” pungkas mantan Sekretaris Camat Bojonegara ini. (zai)

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berbincang dengan Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum sebelum acara dimulai.

Back to top button