Pemerintahan

Bupati Serang: Pendapatan Menyusut Harus Penyesuaian

SERANG, LB– Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Serang di tengah situasi pandemi Covid-19 disinyalir akan mengalami penyusutan, sehingga bisa mempengaruhi penyusunan anggaran belanja yang harus disesuaikan.

Demikian disampaikan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kepada awak media usai mengikuti Sidang Paripurna Jawaban atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 di gedung DPRD Kabupaten Serang, Kamis (11/11/2021).

Paripurna dihadiri Wakil Bupati Pandji Tirtayasa dan pimpinan DPRD.

Tatu menyampaikan, realisasi PAD dalam situasi pandemi Covid-19 seperti ini disinyalir bisa mengalami penyusutan. Atas kondisi itu, Tatu menilai, akan sangat mempengaruhi terhadap penyusunan belanja yang harus disesuaikan.

Advertisement

“Ya, realisasi pengaruh Covid-19 yang tadi saya sampaikan ya terhadap pendapatan sangat berpengaruh. Sumber-sumber lain juga ternyata. Ya, ini pasti akan berpengaruh ke belanjanya. Kalau pendapatannya turun harus penyesuaian,” ujar Bupati perempuan pertama di Kabupaten Serang ini kepada wartawan usai paripurna.

Berkaitan adanya kontraktual dengan pihak ketiga, Tatu meminta dapat lebih diperhatikan untuk didahulukan pembayarannya, karena sudah ada perjanjian kontrak.

“Karena kan ngikat kalau kontrak itu ya! Kecuali, kalau sudah tidak bisa sama sekali, ya mungkin harus duduk bersama dengan pemegang kontrak untuk membuat kesepakatan,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) 1 Partai Golongan Karya (Golkar) Banten ini.

Kendati demikian, lanjut Tatu, pihaknya belum sampai memutuskan ke arah penyelesaian seperti itu, karena masih ada waktu ke depannya yang diharapkan menjadi tidak terlalu jauh dari target yang direncanakan.

“Kita belum memutuskan ke arah sana, karena masih melihat di terakhir seperti apa kondisinya. Mudah-mudahan tidak terlalu jauh dari target,” harap bupati dua periode ini. (Muhammad Uqel Assathir/zai)

Back to top button