Kesehatan

Bupati Serang Targetkan 1.000 Warga Tervaksin Tiap Hari

SERANG, LB– Dalam rangka percepatan vaksinasi, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mendorong seluruh puskesmas di setiap kecamatan terus melakukan upaya vaksinasi kepada masyarakat. Tatu menargetkan setiap hari bisa mencapai 1.000 warga di Kabupaten Serang tervaksin.

Tatu mengatakan, pihaknya terus memaksimalkan proses capaian vaksinasi di Kabupaten Serang. Tatu menargetkan, vaksinasi bisa tercapai 70 persen pada Desember mendatang.

“Kita tahu fasilitas apapun sekarang memakai data vaksin, kasihan juga masyarakatnya. Disamping itu kan, daya tahan masyarakat sendiri kalau sudah vaksin,” ujar Tatu kepada wartawan di halaman Pemkab Serang, Kamis (11/11/2021).

Untuk mengejar target 70 persen capaian vaksin sampai Desember, kata Tatu, pihaknya melibatkan seluruh pihak, mulai dari jajaran pemerintah kecamatan, pemerintahan desa, serta TNI-Polri untuk memudahkan proses vaksinasi.

Advertisement

“Kita melalui Dinkes (Dinas Kesehatan) terus berupaya menggerakkan targetan supaya 1.000 vaksin bisa disuntikkan kepada masyarakat setiap hari,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Banten ini.

“Di Dinkes ini terus saya dorong, saya paksa terus. Karena apa? Kendalanya apa? Ditanya vaksin, vaksin ya sudah disiapkan,” imbuh bupati dua periode ini.

Sebelumnya, dalam rangka percepatan vaksinasi sebagai upaya mewujudkan herd immunity (kekebalan tubuh kelompok) menghadapi pandemi Covid-19, Dinkes Kabupaten Serang menerjunkan tenaga kesehatan (nakes) ke seluruh desa melibatkan Puskesmas dan Pemdes.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang dr Agus Sukmayadi mengatakan, pelayanan vaksinasi di desa dilaksanakan pertengahan November sebagai upaya mendekatkan kepada masyarakat.

Pihaknya juga menyediakan gerai vaksinasi di Puskesmasdan dan memberikan pelayanan ke seluruh desa melibatkan pemerintah desa mengajak masyarakat agar ikut vaksinasi.

Capaian vaksinasi di Kabupaten Serang, diungkapkan Agus, sampai saat ini untuk dosis pertama mencapai 32,29 persen dan dosis kedua mencapai 16,43 persen.

“Itu data vaksinasi di Kabupaten Serang yang sudah kita lakukan update data per 8 November,” ungkapnya. (Muhammad Uqel Assathir/zai)

Back to top button