Milenial

Calon Ketua KNPI Kabupaten Tangerang Berebut 107 Suara

SERANG, LB– Steering Committee (SC) Musyawarah Daerah (Musda) XV Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang mengumumkan total pemilik hak suara pemilihan Calon Ketua KNPI ada 107 organisasi, meliputi 78 Organisasi Kepemudaan (OKP) dan 29 Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) KNPI yang merupakan Peserta Penuh.

Demikian disampaikan Ketua SC Musda XV KNPI Kabupaten Tangerang Doni Ferdiansyah kepada wartawan dalam jumpa pers di Graha Pemuda Sekertariat KNPI Kabupaten Tangerang, Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Rabu (20/10/2021).

Kata Doni, tahapan pendaftaran OKP pada Musda XV KNPI sudah dibuka sejak 10-17 Oktober. Pihaknya, kata Doni, sudah menetapkan OKP pada 18 dan 19 Oktober.

“Berdasarkan AD/ART (Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga) KNPI, kita musyawarah dan kita tetapkan Peserta Penuh 78 OKP yang sudah terdaftar di tingkat nasional dan 29 DPK pemilik hak suara. Jadi, yang memiliki hak suara semuanya 107,” ungkap Doni.

Advertisement

Kata Doni, mekanismenya SC membagi empat kelompok dari hasil verifikasi. Yakni, Peserta Penuh, Peninjau, Undangan, dan OKP yang sedang dalam proses pendaftaran sebagai anggota baru KNPI. Menurut Doni, Musda hanya akan dihadiri Peserta Penuh. Sedangkan Peserta Peninjau dan lainnya mengikuti Musda KNPI via zoom atau virtual.

“Peserta Peninjau ada enam, Undangan empat dan yang sedang mendaftar menjadi anggota baru KNPI 42 Organisasi. Para peserta dapat dilihat di Graha KNPI,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris SC Musda XV KNPI Kabupaten Tangerang Abdul Gopur ditanya wartawan soal syarat harus melampirkan izin tertulis dari suami dan atau Istri, serta orangtua bagi yang belum menikah sebagaimana tertuang dalam poin 3 mengatakan, sesuai AD/ART KNPI seorang balon ketua harus berakhlaq mulia. Menurutnya, restu dari suami atau istri maupun dan atau orangtua atau wali dapat memberikan dukungan moril bagi para calon yang berkontestasi maupun saat terpilih nanti.

“Kita menjaring calon yang berkarakter baik yang nantinya dapat memimpin pemuda di Kabupaten Tangerang,“ terang Abdul. (Iqbal Kurnia Musyab/zai)

Tahapan Musda KNPI sudah membuka pendaftaran bagi para kandidat balon Ketua KNPI mulai 20 sampai 23 Oktober. Persyaratannya:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Surat keterangan sehat dan bebas dari narkoba dari rumah sakit atau klinik
  3. Surat izin Mencalonkan diri dari Suami bagi Perempuan dan Istri bagi lelaki dan Orang tua atau wali bagi yang belum menikah.
  4. Usia maksimal 40 tahun pada saat pelaksanaan musda
  5. SK sedang menjabat pengurus di OKP dan atau DPD KNPI Kab. Tangerang / DPK.
  6. Surat Pernyataan
  7. Bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa
  8. Siap berdedikasi dan loyal kepada tugas-tugas Organisasi KNPI Kab.Tangerang
  9. Menerima deklarasi pemuda
  10. Bersedia mencalonkan Ketua KNPI dan tidak mengundurkan diri terhitung mulai dari penetapan balon.
  11. Menyerahkan dokumen :
  12. Potokopi KTP 4 lembar disertai membawa KTP asli saat mendaftar
  13. Pas Poto 4×6 sebanyak 4 lembar wajib mengenakan jas KNPI
  14. Potokopi Ijazah terakhir
  15. Surat Pernyataan tidak lebih 2 periode menjabat sebagai Ketua KNPI Kab. Tangerang
  16. Mendapat dukungan yang disertai surat rekomendasi dari minimal 3 DPK dan 5 OKP
  17. Melampirkan dan siap menyampaikan Visi dan Misi serta kebijakan dalam memajukan KNPI

Back to top button