Kesehatan

Cegah Antrean Panjang, Pemkot Tangerang Sebar Vaksinasi Pfizer

TANGERANG, LBC– Pelaksanaan kegiatan vaksinasi Pfizer di Kota Tangerang disebar di semua fasilitas kesehatan yang ada di Kota Tangerang. Itu dilakukan untuk menghindari antrean panjang peserta vaksinasi.

Pantauan lingkarbanten.com, Rabu (25/8/2021), di RSUD Kota Tangerang dan Puskesmas Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas sepi dari aktivitas vaksinasi.

Disinggung hal itu, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi jenis Pfizer di Kota Tangerang disebar di sejumlah fasilitas kesehatan, tidak tersentralistik di RSUD Kota Tangerang atau Puskesmas Panunggangan Barat untuk menghindari antrean.

“Itu (vaksin-red) kan jumlahnya banyak, ada 80.000 dosis kali dua, jadi 160.000. Kalau semuanya di-pulling disentralistik di RSUD dan Puskesmas Panunggangan Barat, kasian masyarakatnya ngantri dan sebagainya. Apalagi di sana (tempat vaksin-red) enggak ada ruang tunggu,” ujar Arief di Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangerang, Rabu (25/8).

Advertisement

Untuk proses pendistribusian vaksin ke sejumlah tempat tersebut, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Kita lagi coba minta arahan Kemenkes gimana caranya kita bisa distribusi ke tempat-tempat lain. Kan mereka harus nyiapin cooling box dan sebagainya. Karena pengelolaan vaksin Pfizer itu sangat spesifik temperaturnya dan sebagainya,” terangnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Panunggangan Barat dr Abu Khurairoh mengatakan, antusias warga yang mengikuti vaksin di puskesmasnya cukup tinggi. Untuk pelaksanaan vaksinasi pada Rabu (25/8/2021), puskesmas dipadati ratusan orang karena warga tidak mengetahui prosedur keikutsertaan dalam vaksinasi.

“Banyak warga kurang paham alur pendaftaran. Data dan barcode sudah ada, nanti warga tinggal print, tapi banyak yang enggak di-print, jadi kita print lagi di sini,” terangnya.

Selain itu, lanjut Abu, banyak warga yang datang dari luar daerah, karena berpikir vaksinasi Pfizer hanya ada di Puskesmas Panunggangan Barat dan RSUD Kota Tangerang. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button