Kesehatan

Cegah Kluster Covid-19, Pelajar SMP di Kota Tangerang akan Di Swab

TANGERANG, LBC– Untuk mendeteksi penyebaran Covid-19  di kalangan pelajar pasca digelarnya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di Kota Tangerang, Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang akan menggelar tes swab terhadap pelajar SMP, Senin (27/9/2021).

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggareni mengatakan, pihaknya perlu mengantisipasi penularan Covid-19 di kalangan pelajar sehubungan mulai diselenggarakannya PTM Terbatas di Kota Tangerang. Yakni, melakukan pemeriksaan swab PCR melalui Puskesmas di sekolah yang menyelenggarakan PTM.

Insya Allah per hari 600 anak yang akan di-swab dan pemeriksaan menggunakan PCR,” ungkap Dini kepada lingkarbanten.com melalui telepon seluler, Minggu (26/9).

Kata Dini, yang akan dilakukan tes swab PCR bukan hanya pelajar, melainkan juga guru agar pencegahan penyebaran Covid-19 lebih maksimal. Katanya, Dinkes melalui Puskesmas akan melakukan pendampingan upaya kesehatan bagi sekolah. Di antaranya memastikan sekolah harus menyediakan sarana Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti toilet bersih dan sehat, tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta desinfektan.

Advertisement

Selain itu, siswa, guru, dan tenaga penunjang lainnya tidak diperkenankan masuk jika sedang sakit atau kontak erat dengan penderita Covid-19 dalam kurun waktu 14 hari terakhir.

“Apabila ditemukan kluster Covid-19 di sekolah, maka PTM dihentikan dan seluruh kontak erat sekolah, kontak erat serumah, dan kontak erat sosial akan dilakukan tracing oleh Puskesmas setempat sesuai lingkup wilayah kerjanya,” tandasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button