Pendidikan

Cegah Kluster PTM Terbatas, Pelajar di Tangerang akan di Rapid Test

TANGERANG, LBC – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas tingkat SMP di Kota Tangerang sudah dimulai dan berjalan lancar. Untuk mencegah terjadinya kluster PTM, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melakukan rapid test terhadap para pelajar.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengatakan, pihaknya belum menerima laporan adanya kasus penyebaran Covid-19 memasuki tiga pekan pelaksanaannya PTM Terbatas di Kota Tangerang.

“Tapi untuk mencegah kluster PTM, kami sedang mempersiapkan rapid test bagi para pelajar sehingga dapat mendeteksi adanya penyebaran Covid-19,” ungkap Dini melalui sambungan telepon seluler, Jumat (24/9/2021).

Insya Allah kita siapin rapid test ke semua. Sejauh ini belum ada laporan (siswa terpapar Covid-red). Kalau ada yang bergejala pasti dilaporin. Kita mau adain swab, sedang disiapkan,” imbuhnya.

Advertisement

Kata Dini, rencana itu sudah dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kota Tangeranguntuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kalangan pelajar. Para tenaga kesehatan juga, kata Dini, sudah siap ketika ada pelajar yang bergejala di sekolah.

“Enggak ada laporan dari Puskesmas atau sekolah yang bergejala. Kalau ada, pasti nanti kita akan turun dari Puskesmas dekat sekolah. Misal sekolah mana, nanti akan kita lakukan swab,” jelasnya.

Disinggung waktu pelaksanaan rapid test, kata Dini, secepatnya dilakukan. Saat ini, pihaknya masih terus menyiapkan kebutuhan, baik dari segi teknis pelaksanaan maupun kesiapan lainnya.

Menurut Dini, sejauh ini pelaksanaan PTM sudah menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Pihaknya juga rutin memonitor kegiatan PTM melalui petugas Puskesmas setempat.

“Nanti kita lihat wilayah-wilayah yang masih ada kasus atau diambil sampling dari yang paling banyak siswanya. Nanti saya lihat dulu kalau di Kota Tangerang kan belum semua yang PTM,” pungkasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button