Peristiwa

Cuaca Ekstrem, Ponpes Wasilatul Ikhwan di Kecamatan Kopo Ambruk

SERANG, LBC– Akibat hujan deras yang disertai angin kencang atau cuaca ekstrem, mengakibatkan bangunan asrama santri Pondok Pesantren (Ponpes) Wasilatul Ikhwan di Kampung Ranca Kuda, RT 08/02, Desa Mekar Baru, Kecamatan Kopo ambruk, Sabtu (4/9/2021) sekira pukul 07.00 WIB.

Saat ini kondisi asrama Ponpes sudah rata dengan tanah. Tampak para santri membereskan pondok yang ambruk dibantu masyarakat setempat, serta unsur pemerintahan setempat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma saat dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya Ponpes ambruk akibat cuaca ekstrem di Kecamatan Kopo. Pihaknya menerima informasi tersebut dari Camat Kopo Tenda Subekti. Berdasarkan laporan dari camat, kata Nana, bangunan asrama Ponpes yang diketahui milik Kiai Dedi Supriadi itu ambruk akibat hujan deras yang disertai angin kencang dari semalam.

“Hujan lebat sudah terjadi sejak Jumat (3/9/2021) pukul 20.00 WIB, karena cuaca terlalu ekstrem sehingga bangunan semi permanen itu tak kuat menahan angin kencang hingga ambruk,” terangnya.

Advertisement

Kata Nana, pihaknya sudah menerjunkan tim ke lokasi kejadian guna validasi data pukul 16.30 WIB. Akibat kejadian tersebut, lanjut Nana, bangunan Ponpes mengalami rusak berat dan sudah tidak bisa digunakan. Di lapangan, pihaknya dibantu anggota Koramil, polsek, dari Pemerintah Kecamatan Kopo, Staf Desa setempat, Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kopo, dan masyarakat setempat untuk membantu membersihkan bangunan yang ambruk.

“Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Para santri saat ini sementara tinggal di majlis,” pungkasnya. (zai)

Back to top button