Kesehatan

Deteksi Penyalahgunaan Narkoba, Personil Polres Serang Kota Tes Urine

SERANG, LB-Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Banten melaksanakan tes urine sebagai deteksi dini narkoba personil Polres Serang Kota di Mapolres Serang Kota, Rabu (10/11/2021). Kegiatan sebagai bentuk pengawasan terhadap personel tentang penyalahgunaan narkoba.

Kabiddokes Polda Banten AKBP Agung Purnomo mengatakan, pihaknya melakukan tes urine atau deteksi dini narkoba kepada Satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara), Satuan Reserse Kriminal (Reskrim), Satuan Narkoba (Satnarkoba), Satuan Intel, dan Polair.

Dijelaskan Agung, pemeriksaan itu untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba jenis apapun bagi anggota Polri, khususnya Polres Serang Kota dan Polda Banten.

“Pemeriksaan juga sebagai tindak lanjut perintah Kapolri tentang pelaksanaan tes urine bagi seluruh anggota Polri guna mencegah dan mengetahui penyalahgunaan narkoba,” terang Agung.

Advertisement

Kegiatan juga, sambung Agung, sebagai langkah nyata Polri, khususnya Polda Banten dan jajaran dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan internal.

“Sanksi tegas hingga pemberhentian tidak hormat dan pidana akan dikenakan jika ada anggota Polres Serang Kota Polda Banten yang terbukti positif,” ancamnya.

Pemeriksaan serupa juga dilakukan terhadap seluruh personel di masing-masing satuan kerja, hingga satuan wilayah yakni jajaran kepolisian Resort (Polres) dan Kepolisian Sektor (Polsek).

“Hasil pemeriksaan, seluruhnya negatif. Namun kalau ada yang terbukti positif, tentu akan diproses sesuai ketentuan yang ada dan tidak akan ditolerir,” tegasnya. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button