Pendidikan

Dibantu TNI-Polri, Vaksinasi Pelajar Kabupaten Serang Lampaui Target

SERANG. LBC –Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang mencatat, sebanyak 30.664 pelajar SMP dan SMA sederajat usia 12 sampai 17 tahun di Kabupaten Serang terhitung hingga 28 Agustus sudah divaksin atau melebih target. Itu berkat kolaborasi Pemkab Serang dengan TNI-Polri dalam rangka percepatan vaksinasi pelajar sebagai persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Kepala Dinkes Kabupaten Serang drg Agus Sukmayadi mengungkapkan, berdasarkan data yang diterimanya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang bahwa siswa SMP di Kabupaten Serang mencapai 24 ribu siswa. Pihaknya, kata Agus, sudah melakukan suntik vaksin terhadap puluhan ribu pelajar tingkat SMP, SMA, MTs hingga MA di Kabupaten Serang.

“Total pelajar yang sudah divaksin berjumlah 30.664 orang untuk usia 12 sampai 17 tahun,” ungkap Agus dalam keterangan tertulis yang disampaikan melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Minggu (29/8/2021).

Untuk mempercepat vaksinasi, kata Agus, pihaknya juga sudah melaksanakan Serbuan Vaksin Tingkat SMP usia 12 sampai 17 tahun berkolaborasi dengan Kodim 0602/Serang serempak di 29 kecamatan. Khusus pelajar di Kecamatan Kramatwatu, sambung Agus, dilaksanakan vaksinasi pelajar massal untuk 750 sasaran di Aula SMPN 1 Kramatwatu.

Advertisement

“Berkolaborasi dengan Kodim 0602/Serang ini dalam rangka vaksinasi nusantara. Kalau kita lihat vaksinasi pelajar lebih dari target sasaran,” papar Agus.

Agus berharap, dengan adanya vaksinasi dapat meningkatkan imunitas pelajar sehingga terhindar dari Covid-19. Agus juga berharap, pekan pertama September seluruh pelajar di Kabupaten Serang, mulai dari tingkat SMP, SMA, MTs, hingga MA sudah tervaksin dalam rangka persiapan pelaksanaan PTM.

“Mudah-mudahan adanya vaksinasi ini, para pelajar termotivasi untuk mengikuti pembelajaran tatap muka,” harapnya.

Sementara itu, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf Soehardono menjelaskan, acara bertemakan Serbuan Vaksin 2021 merupakan program Kodam III/Siliwangi bersama Polda Jabar dengan sasaran pelajar SMP di seluruh Jawa Barat dan Banten. Untuk Kabupaten Serang sasarannya sebanyak 24 ribu pelajar. Sedangkan khusus di Kecamatan Kramatwatu vaksinasi pelajar sasarannya 750 orang. Dalam pelaksanaan vaksinasi, pihaknya bekerjasama dengan Dinkes serta Dindikbud Kabupaten Serang, Polres Serang Kota, dan Polres Serang, juga Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang untuk vaksinasi disabilitas dengan target hingga 6 ribu orang.

“Vaksinasi berlanjut sampai memenuhi sasaran 24 ribu siswa. Alhamdulilah untuk disabilitas ada bantuan sembako juga,” ujar Dandim. (zai)

Back to top button