Bisnis

Dinkop UKM dan Perindag Kota Serang Sidak Pasar Rau

SERANG, LB – Jajaran Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Perdagangan (Dinkop UKM dan Perindag) Kota Serang melakukan sidak ke Pasar Rau, Kota Serang, Jumat (22/10/2021). Sidak guna stabilisasi harga sembilan bahan pokok (sembako) memasuki peringatan Maulid Nabi.

Sidak dipimpin langsung Kepala Dinkop UKM dan Perindag Kota Serang Wasis Dewanto yang menyisir beberapa lapak sembako dan berkomunikasi dengan pedagangannya terkait harga.

Berdasarkan hasil sidak ke Pasar Rau, kata Wasis, dari awal memasuki bulan Maulid Nabi beberapa harga sembako mengalami kenaikan. Hal itu dipicu daya beli masyarakat Kota Serang meningkat karena banyak yang menggelar perayaan peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW..

Oleh karena itu, kata Wasis, pihaknya sengaja melakukan sidak ke Pasar Rau untuk mencari informasi harga sembako dan melakukan langkah untuk menstabilkan harga tersebut.

Advertisement

“Jadi cabai memang ada kenaikan harga, terutama cabai, tapi tidak terlalu besar, naiknya antara Rp3 ribu sampai Rp5 ribu perkilonya,” ungkap Wasis.

Selain cabai, disebutkan Wasis, kenaikan harga juga terjadi pada komoditi bawang.

“Tapi naiknya tidak signifikan,” ujarnya.

Sedangkan harga beras relative, ditegaskan Wasis, relatif stabil dikisaran harga Rp7 ribu sampai Rp8 ribu per kilogram. Sedangkan beras premium masih di kisaran harga Rp10 ribu sampai Rp11 ribu per kilogram.

“Nah kalau beras ketan rata-rata harganya Rp12 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Kenaikan harga tersebut, dinilai wasis, tergolong masih tahap wajar, mengingat saat ini banyak masyarakat yang sedang merayakan peringatan Maulid Nabi selain cuaca kurang bersahabat untuk tanaman sembako.

“Masih terkendali. Tapi kita akan kerjasama dengan Bulog agar stok tetap stabil dan masyarakat tidak kesulitan membeli sembako,” tutupnya. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button