Inovasi

Diresmikan Bupati, MPP Pandeglang Layani Bayar Pajak Kendaraan

PANDEGLANG, LB– Warga Pandeglang saat ini sudah tidak perlu bingung dan jauh-jauh bayar pajak kendaraan bermotor, karean sudah bisa dilayani di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pandeglang. Itu setelah Bupati Pandeglang Irna Narulita menandatangani kerja sama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten untuk memudahkan pelayanan kepada warga Pandeglang.

Penandatangan dilakukan langsung di MPP Pandeglang pada Rabu (3/11/2021). Irna mengatakan, pelayanan pajak kendaraan bermotor dikelola Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Samsat. Menurut Irna, dengan terintegrasinya pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di MPP akan lebih memudahkan warga di wilayahnya untuk memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraan.

Kata Irna, pelayanan terintegrasi untuk memudahkan warga yang ingin mengurus beberapa layanan di MPP Pandeglang.

“Yang mau ngurus dua atau lebih layanan jadi mudah, tidak turun naik kendaraan. Yang tadinya hanya ingin mengurus satu layanan bisa tertarik mengurus layanan lainnya karena mudah,” terangnya.

Advertisement

Irna berharap, setelah pelayanan pajak kendaraan ke depan akan ada lagi pelayanan lain yang bisa bergabung di MPP Pandeglang, seperti pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan pelayanan izin kewenangan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten.

“Kami harap ini (pelayanan lainnya-red) bisa menyusul dan masyarakat kami yang akan mengurus izin bisa cukup datang ke MPP,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Banten Opar Sohari mengatakan, Bapenda merupakan jantungnya pemerintahan karena sebagai pengumpul pendapatan untuk pelaksanaan pembangunan.

“Jika kita ada sinergitas dengan MPP, mudah – mudahan pendapatan bisa lebih naik (pendapatan-red) karena masih banyak tunggakan yang harus diselesaikan,” terangnya.

Masih kata Opar, layanan pajak kendaraan di MPP Pandeglang disediakan empat gerai dan tambahan satu unit kendaraan untuk melayanan Samsat Keliling (Samling).

“Kemudahan ini sangat membantu para wajib pajak. Kami harap sinergitas ini terbangun lebih baik lagi,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala DPMPTSP Pandeglang Ida Novaida menambahkan, MPP juga sudah menjalin kerja sama dengan Dinas Perpustakaan Pandeglang.

“Dengan bergabungnya dua instansi ini, maka layanan di MPP manjadi 229 layanan yang sebelumnya 224 layanan,” ungkapnya. (M Hafidz Fathutrrohman/zai)

Back to top button