DesaHeadline

Dirjen Bina Pemdes: Pilkades Kab Serang Sudah Sesuai Aturan

SERANG, LB- Direktur Jendral (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) Yusharto Huntoyungo meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021 di Kabupaten Serang, Minggu (31/10/2021). Pilkades dipastikan sudah mengikuti aturan Peraturan Mendagri (Permendagri) Nomor 72 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkades dan PAW pada masa pandemi Covid-19.

Yusharto meninjau ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Salah satunya ke TPS 08 Kampung Jempling, Desa Nambo Ilir, Kecamatan Kibin. Turut mendampingi Yusharto, yakni Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang sekaligus Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto, Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang Nanang Supriatna, Asda III Pemkab Serang Ida Nuraida, Camat Kibin Imron Ruhyadi, Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, dan Dandim 0602 Serang Kolonel Infanteri Soehardono.

“Khusus Kabupaten Serang kita sudah amati sampai TPS yang ada sebagai sampling pelaksanaannya sudah mengikuti ketentuan Permendagri 72 tahun 2020,”ujar Yusharto kepada wartawan di sela-sela kegiatan peninjauannya.

Yusharto pun mengapresasi pelaksanaan Pilkades di TPS 08 Kampung Jempling karena berlokasi di tempat terbuka. Menurutnya, Covid-19 cepat mati dalam kondisi ruangan terbuka dengan ventilasi yang baik, serta cuaca panas. Sehingga, kata Yusharto, potensi penularan Covid-19 dapat diminimalisasi.

Advertisement

Yusharto memuji arahan Bupati dan Wakil Bupati Serang yang mengintruksikan panitia Pilkades menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, mulai dari penyediaan tempat cuci tangan dengan sabun, hand sanitizer, dan wajib masker.

“Untuk masyarakat kebetulan datang mau ganti masker juga disiapkan. Ini luar biasa menjadikan masyarakat terlindungi dari penyebaran virus di wilayah atau tempat pelaksanaan Pilkades,” ucapnya.

Yusharto juga memuji TPS yang menyediakan ruang tunggu refresentatif untuk pemilih dalam memberikan hak suaranya, dengan memberi jarak dan memenuhi ketentuan prokes. Bahkan, ada bilik suara khusus tertutup rapat untuk yang warga bersuhu tubuh di atas 37,3 derajat celcius. Serta, pemilih yang bersuhu tubuh normal disediakan khusus dengan prokes sampai memasukan kertas suara ke kotak suara dilanjutkan tanda tinta.

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri RI Yusharto Huntoyungo meninjau tata cara pencoblosan Pilkades.

Yusharto menilai, tinta di TPS menjadi salah satu hal krusial dan menjadi media penyebaran apabila tidak ditangani dengan benar. Yusharto pun mengapresiasi implementasi pengunaan tinta bentuk tetes dan penggunaan cutton but agar tidak bercampur bekasnya. Pemilih setelah memberikan hak suaranya langsung diminta pulang ke rumah masing-masing sehingga tidak ada kerumunan.

Pada bagian lain, Yusharto pun mengapresiasi disediakannya gerai vaksinasi sebagai salah satu substansi Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkades dan PAW di masa pandemi Covid-19 sebagai pendampingan TPS di Pilkades Kabupaten Serang.

“Kami lihat ada warga ngantri dan sedang skrining, lalu penyuntikan. Alhamdulillah, capaiannya cukup bagus, dari target 120 terealisasi sekitar 140. Ini berarti, target terlampaui melebihi dan menjadikan angka penyuntikan vaksin Covid-19 di Kabupaten Serang,” katanya.

“Mudah-mudahan segera mencapai 60 persen lebih,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa memastikan, Pilkades Kabupaten Serang serentak berlangsung aman, serta pelaksanaan Pilkades memiliki nilai lebih, yakni setiap TPS menyiapkan gerai vaksin. (zai)

Back to top button